Breaking News:

Dari 1600 ASN di Kabupaten Cirebon Hanya Tiga Persennya yang Bayar Zakat ke Baznas Per Bulan

Dari 1600 ASN di Kabupaten Cirebon Hanya Tiga Persennya yang Bayar Zakat ke Baznas per bulan

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ilustrasi Zakat 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Cirebon‎, menyebutkan kesadaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam membayar zakat setiap bulannya belum maksimal.

Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Budiman Mahfud, mengatakan, jumlah ASN di Kabupaten Cirebon berjumlah kira-kira 1600 orang, nam‎un hanya tiga persennya saja yang setiap bulannya membayar zakat ke Baznas.

"Penghasilan rata-rata PNS di Kabupaten Cirebon lebih dari 4 juta, zakat dari PNS itu sebulannya 1,6 milyar," kata Budiman di Kecamatan Sumber, Minggu (15/9/2019).

7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Waduk Darma Alami Penyusutan Volume Air, Alih Fungsi Dijadikan Lahan untuk Bercocok Tanam

Budiman menuturkan, alasan yang sering digunakan ASN karena tidak membayarkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Cirebon, yakni, tengah terlilit hutang dan ada keperluan untuk biaya lain.

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah membuat peraturan bupati atau peraturan terkait hal tersebut, sehingg dapat pula membantu masyarakat yang membutuhkan.

"70 persen zakat itu untuk membantu fakir miskin,‎" katanya.

Plt Bupati Cirebon, Imr‎on Rosyadi, mengatakan, untuk mendongkrak potensi zakat, ia meminta kepada seluruh ASN untuk membayar zakat profesi.‎ Sehingga nantinya, dibuatkan laporna ke Baznas.

Pria Berkelainan Seksual Ini Tega Cabuli Belasan Anak, Seminggu Bisa Cabuli Tiga Anak

Tak hanya itu, kata Imron‎, masyarakat pun diminta untuk berpartisipasi agar lebih banyak masyarakat kurang mampu di Kabupaten Cirebon terbantu dengan adanya bantuan dari zakat.

"Kalau memakai keungan daerah ada proses panjang yang harus dilewati, sedangkan zakat bisa langsung disalurkan‎," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved