Karna Sobahi Sebut Tahun 2019 Ini Majalengka Alami Kekeringan Terparah, Begini Upaya Dari Pemkab

Karna Sobahi Sebut Tahun 2019 Ini Majalengka Alami Kekeringan Terparah, Begini Upaya Dari Pemkab

Karna Sobahi Sebut Tahun 2019 Ini Majalengka Alami Kekeringan Terparah, Begini Upaya Dari Pemkab
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka, Karna Sobahi saat didampingi Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kapolres Majalengka dan Dandim 0617/Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan Kabupaten Majalengka mengalami kekeringan terparah tahun ini.

Pasalnya, saat pihaknya telah menyurvei di wilayah Kabupaten Majalengka bagian Utara, ia melihat hamparan sawah luas yang kurang dipasoki air atau mengering.

"Memang tingkat kekeringan tahun ini agak meluas, sehingga banyak petani-petani risau karena tidak berlanjut secara maksimal," ujar Karna Sobahi saat ditemui di Kantor PDAM, Jumat (13/9/2019).

CHAT Whatsapp Terakhir BJ Habibie ke Sahabat Dekat Terungkap, Pesan & Foto Profil Jadi Perhatian

Menyikapi hal itu, disampaikan Karna Sobahi, Pemkab Majalengka mengupayakan beberapa cara untuk membantu mengatasi kekeringan yang melanda Majalengka.

Salah satu caranya, yakni memanfaatkan beberapa alat bantu berupa puluhan sumur bor.

Dapur Jompo Habibie, Bagikan Makanan Gratis Untuk Orang Tua Lanjut Usia Sejak Tahun 1982

"Upaya kita, alhamdulilah dapat bantuan puluhan alat dari sumber pantek itu, untuk nantinya membantu meringankan kondisi kekeringan di sana," ucap dia.

Karna Sobahi menambahkan, Pemerintah Daerah juga sudah menyiapkan beberapa embung besar yang baru dibuat di daerah Utara tersebut.

Nantinya, embung-embung itu akan menampung debit air dengan skala besar untuk menyalurkan bantuan air ke rumah warga dan sawah.

"Kita sudah menyiapkan 2 embung besar yang baru, tapi lagi-lagi kapasitas air di sana juga pada musim kemarau ya tidak bisa menyuplai secara maksimal terhadap embung sendiri," kata Bupati.

Awalnya Menelpon dan Ajak Bertemu, Mamah Muda Diperkosa Tetangganya, Pulang ke Rumah Lapor ke Suami

"Kita belum bisa memanfaatkan jaringan sungai yang ada di sana karena sungai juga kering, apalagi cerita dulu bahwa dibangunnya Jatigede akan bisa menyuplai air ke tiga Kabupaten, yaitu Cirebon, Majalengka dan Indramayu," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkab Majalengka akan melakukan pendekatan-pendekatan pada teknologi.

Yang semoga, puluhan sumur pengeboran itu dapat meringankan permasalahn kekeringan yang ada di Majalengka khususnya wilayah Utara.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved