Breaking News:

HUT ke-73, Danlanud: Di Lanud Suryadarma Lahir Para Penerbang Pertama dan Tokoh Penting TNI AU

Ia mengharapkan seluruh personel Lanud Suryadarma dapat mengambil intisari dari semangat pengabdian yang tulus, ikhlas serta rela berkorban

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc meyerahkan potongan tumpeng kepada Prajurit Teladan Praka Choirul anggota Satpom Lanud Suryadarma pada upacara Hari Ulang Tahun Lanud Suryadarma ke-73, di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Senin (9/9). 

TRIBUNCIREBON.COM, SUBANG - Pangkalan TNI AU Suryadarma adalah salah satu Pangkalan type A di jajaran Koopsau I yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi.  Selain Pangkalan Udara yang tertua, Lanud Suryadarma juga sebagai pangkalan pendidikan penerbang pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Di Pangkalan Udara ini juga telah lahir para penerbang pertama seperti Agustinus Adi Sucipto dan Sambujo Hurip. Kemudian di pangkalan ini juga lahir tokoh penting TNI AU yaitu Raden Suryadi Suryadarma, yang pada tahun 1939 berhasil menjadi instruktur penerbang dan navigator di Waarnemer School Kalijati.

Demikian amanat Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc pada upacara Hari Ulang Tahun Lanud Suryadarma ke-73, di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Senin (9/9).

Dalam sambutannya Danlanud Suryadarma menjelaskan sebagai penghargaan dan mengenang jasa-jasa Komodor Udara Suryadi Suryadarma, Pangkalan Udara Kalijati, berubah nama menjadi Pangkalan TNI AU Suryadarma, melalui keputusan KSAU nomor Skep/96/VIII/2001 tanggal 27 Agustus 2001, yang diresmikan dengan upacara militer pada tanggal 7 September 2001 dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hanafie Asnan.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc memeriksa pasukan pada upacara Hari Ulang Tahun ke-73 Lanud Suryadarma, di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Senin (9/9).
Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc memeriksa pasukan pada upacara Hari Ulang Tahun ke-73 Lanud Suryadarma, di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Senin (9/9). (Istimewa)

Ia mengharapkan seluruh personel Lanud Suryadarma dapat mengambil intisari dari semangat pengabdian yang tulus, ikhlas serta rela berkorban, yang ditunjukkan oleh para pendahulu. 

Nilai-nilai luhur tersebut merupakan nilai yang bersifat kekal dan harus terus terpatri dalam diri setiap personel Lanud Suryadarma, dengan selalu mengedepankan tugas negara demi kejayaan Angkatan Udara bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Zero Accident adalah cerminan dari Combat Operational Readiness yang tinggi” inilah salah satu bagian dari motto saya untuk menjadikan Lanud Suryardarma sebagai salah satu Lanud type A di jajaran Koopsau I yang andal, tangguh serta profesional dan senantiasa menjadikan budaya keselamatan sebagai bagian dari pelaksanaan tugas.

Apalagi kita mengoperasikan alutsista berteknologi tinggi. sehingga slogan Mission Accomplished Safety Always harus menjadi pedoman, bukan hanya sekadar retorika semata namun harus mampu diimplementasikan dalam kehidupan baik itu dalam kedinasan maupun di luar kedinasan," ujar Danlanud dalam rilis yang diterima Tribun, Selasa (10/9/2019).

Lebih Lanjut Danlanud berterima kasih dan rasa hormat serta rasa bangga kepada para pahlawan, yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya sehingga Lanud Suryadarma masih tegak berdiri hingga saat ini.

Oleh karena itu melalui peringatan hari jadi Lanud Suryadarma ke-73 ini, diharapkan personel  mampu meningkatkan semangat patriotisme, Esprit De Corps terhadap satuan, sehingga mampu menjadi satu energi positif yang muaranya mendorong dalam rangka peningkatan kinerja di masa mendatang.

Di akhir amanatnya, Danlanud Suryadarma menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada seluruh personel Lanud Suryadarma, yang telah bekerja keras, kerja cerdas dan kesungguhan dalam mendarmabaktikan diri pada tugasnya. selain itu, keberhasilan yang diraih dapat dijadikan sebagai motivasi selalu bekerja dengan sungguh-sungguh di setiap medan penugasan.

Turut hadir dalam upacara tersebut Danwing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Taufik Arasj, Danwingdiktek Kolonel Tek Iman Gozali, Danwingdikkal Kolonel Kal Hidayat Januardi, Para Kepala Dinas dijajaran Lanud Suryadarma dan Wingdiktek maupun Wingdikkal, Para Komandan satuan, Para Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil Lanud Suryadarma, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Lanud Suryadarma Ny. Ratna Dewi I Wayan Sulaba beserta pengurus, Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) cabang 11 Kalijati, Siswa-siswi SMK Angkasa I maupun II Kalijati.

Setelah pelaksanaan kegiatan Upacara HUT Lanud Suryadarma ke-73 dilaksanakan juga pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Prajurit teladan atas nama Praka Choirul anggota Satpom Lanud Suryadarma. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tali asih kepada Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) cabang 11 Kalijati serta penyerahan hadiah kepada RS. dr. Hoediyono sebagai Satuan kerja di Lanud Suryadarma sebagai pengunjung terbanyak Perpustakaan Lanud Suryadarma. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved