Breaking News:

Setahun Pimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil Sebut Masih Banyak Proyek Belum Selesai, Ini Rinciannya

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengakui banyak proyek yang masih setengah matang. Hal itu ia katakan jelang setahun kinerjanya

jabarprov.go.id
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum 

TRIBUNCIREBON.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengakui banyak proyek yang masih setengah matang. Hal itu ia katakan jelang setahun kinerjanya sebagai Gubernur Jabar, Kamis (5/9/2019) besok.

Pria yang akrab disapa Emil mengatakan, saat ini sejumlah proyek strategis di Jabar baru bisa dieksekusi pada akhir tahun 2019. Hal itu dikatakan Emil saat ditemui di Sekolah Pimpinan Polri, Lembang, Kabuapten Bandung Barat, Rabu (4/9/2019).

"Jadi sebenarnya agak kagok. Saya ini dilantiknya September, padahal proyek masih berjalan sampai Desember. Jadi kalau menilai setahun saya melalui proyek strategis agak kurang fair karena proyeknya lagi setengah matang," ujar Emil.

Ia berkata, di tahun pertamanya ia lebih fokus membangun fondasi reformasi. Namun, untuk urusan pembangunan fisik akan banyak dilihat mulai tahun depan.

"Menilai kepemimpinan sebenarnya idealnya akhir Desember saat program-program itu sudah tereksekusi bukan di tengah jalan," katanya.

"Makanya saya bilang kepemimpinan saya ini lebih fokus pada peletakan fondasi reformasi. Panennya belum terjadi tapi bercocok tanam dengan cara yang baik dan pilihan yang baik sudah dimulai."

Namun, Emil memastikan sejumlah proyek fisik akan mulai dilaksanakan akhir tahun ini. Seperti proyek revitalisasi Pantai Pangandaran, revitalisasi pasar di Bogor dan lainnya.

"Saya hanya bisa jawab di bulan Desember karena per September belum ada yang jadi. Tapi sudah konstruksi seperti Majalengka, Cirebon, Pangandaran, coba pertanyaan ini dimunculkan pada Januari 2020 saya bisa jawab dengan leluasa," katanya.

Ridwan Kamil Wacanakan Ibukota Jabar Pindah, Mendagri Tjahjo Kumolo Beri Reaksi Seperti Ini

Kampus ITB Tak Hanya di Bandung dan Jatinangor, Nih 2 Lokasi Berikutnya Dibocorkan Ridwan Kamil

Majalengka Nominator Ibu Kota Jabar, Bupati Majalengka: Mau Diskusi Dulu dengan Ridwan Kamil

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat merilis sedikitnya 30 proyek strategis di Jabar. Di antaranya, pembangunan command center di Kabupaten Cirebon, pembangunan creative center di Kabupaten Subang, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon.

Pembangunan jembatan layang di Kota Bandung, pusat budaya di Kabupaten Subang, penataan alun-alun, revitalisasi pasar dan sebagainya. Sekretaris Bappeda Jabar Eko Priastono menyebut, 30 proyek itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 500 miliar. Status proyeknya beragam, dari mulai tahap lelang, penandatangan kontrak, hingga yang sudah mulai konstruksi.

"Untuk 30 proyek itu alokasinya sekitar itu (Rp 500 miliar). Ada yang bertahap, DED sudah siap seluruhnya, konstruksi tahap 1 tahu 2019, tahap II tahun 2020," jelasnya. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved