Breaking News:

Ridwan Kamil Wacanakan Ibukota Jabar Pindah, Mendagri Tjahjo Kumolo Beri Reaksi Seperti Ini

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan muncul usulan pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

Dok.Tribun Jabar
Gedung Sate, Kantor Gubernur Jabar 

TRIBUNCIREBON.COM - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan muncul usulan pemindahan Ibu Kota Jawa Barat dari Kota Bandung.

Menurut Tjahjo Kumolo, setiap kepala daerah bebas mengemukakan ide mereka termasuk usulan rencana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

"Silakan, soal gubernur, bupati, wali kota, punya ide, punya gagasan kan boleh-boleh saja, ini kan negara yang demokratis," ucap Tjahjo Kumolo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2019).

‎Tjahjo Kumolo menyebut usulan pemindahan Ibu Kota Jawa Barat pernah diusulkan dirinya pada masa Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Karenanya, jika memang benar diterapkan dia berpesan seluruhnya harus dipersiapkan mulai lahan hingga inventarisasi aset.

Setelah itu, usulan tersebut kata Tjahjo bakal dirapatkan dengan DPRD.

"Kenapa Jawa Barat mengusulkan pindah mulai zaman pak Aher (Ahmad Heryawan) dulu sebelum pak Ridwan Kamil sudah pernah bicara dengan saya. Silakan persiapkan dengan baik bagaimana lahannya bagaimana aset-asetnya itu harus diinventarisasi dengan baik diusulkan dalam rapat dengan DPRD dan sebagianya. Ini baru diusulkan, sah-sah, namanya usul," papar Tjahjo.

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Tribunnews)

Untuk diketahui Pemprov Jawa Barat diketahui akan mengkaji tiga wilayah yang berpeluang menjadi Ibu Kota provinsi yang baru.

Tiga wilayah tersebut yaitu Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka), Tegalluar (Kabupaten Bandung), dan Walini (Kabupaten Bandung Barat).

‎Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kajian itu sudah masuk dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved