Breaking News:

Ini Alasan Ridwan Kamil Terkait Kenapa Ibukota Jabar Harus Pindah dari Kota Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku akan mulai mengkaji rencana kepindahan ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung

Dok.Tribun Jabar
Gedung Sate, Kantor Gubernur Jabar 

TRIBUNCIREBON.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku akan mulai mengkaji rencana kepindahan ibukota Jawa Barat dari Kota Bandung, dalam enam bulan ke depan. Terdapat tiga pilihan ibukota baru Jawa Barat, yakni Tegalluar di Bojongsoang, Walini di Cikalongwetan, atau di antara Segitiga Rebana (Cirebon-Kertajati- Patimban).

Hal tersebut, katanya, sudah diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Barat yang disahkan bersama DPRD Jabar, Rabu (28/8/2019) malam. Pada dasarnya, katanya, Kota Bandung sama dengan Jakarta yang sudah terlalu padat untuk ukuran ibukota.

"Pada dasarnya, secara fisik Kota Bandung juga sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi menjadi pusat pemerintahan karena contohnya, kantor pemerintahan menyebar. Kajian akan dilaksanakan dalam enam bulan ke depan," kata gubernur yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate, Kamis (29/8/2019).

Menurut Emil, masih terpisah-pisahnya kantor pemerintahan Pemprov Jawa Barat di berbagai sudut di Kota Bandung membuat roda pemerintahan tidak produktif. Hal ini akhirnya membutuhkan mobilitas tinggi yang juga memakan waktu.

Menurutnya semua kemungkinan terkait perpindahan ibukota provinsi butuh kajian yang memdalam. Pihaknya akan menilai lokasi yang minim risiko, dari masalah aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air, dan lain-lain.

Mengenai kepindahan Ibukota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan, Emil mengatakan tidak memberikan dampak luas bagi Jabar. Yang berpengaruh hanya penyesuaian koordinasi pemerintahan.

"Tinggal mobilitas koordinasi saja, kalau kami ke Jakarta tinggal naik kereta atau mobil, ke Kalimantan pakai pesawat. Pergerakan ekonomi menurut pembacaan analisis, pegawai pemerintah tidak sampai 10 persen," katanya. 

Ibukota Jawa Barat Akan Pindah? Ini 3 Lokasi Yang Siap Gantikan Kota Bandung, Ada Plus dan Minus

VIRAL Bentuk Ibukota Negara Baru Kalimantan Mirip Tokoh Pewayangan Semar, Lihat Dengan Seksama

Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Bukan Omong Kosong, Jokowi Sampaikan Saat Pidato

Tiga lokasi ibu kota Jabar baru, pengganti Bandung

Namun, saat ini ada tiga lokasi yang diusulkan. Yakni di Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat. Serta di sekitar wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka). Tegalluar dan Walini sebelumnya masuk dalam kawasan pengembangan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.

Sementara wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka) saat ini merupakan wilayah pengembangan ekonomi baru Jabar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved