Dai Kondang Aa Gym Perkenalkan MQ Organik Hasil Biokonversi Lalat Tentara Hitam, Apa Keunggulannya?

Abdullah Gymnastiar, ulama yang akrab disapa Aa Gym, meluncurkan produk pertanian berupa pupuk organik yang diproses melalui teknologi

Dai Kondang Aa Gym Perkenalkan MQ Organik Hasil Biokonversi Lalat Tentara Hitam, Apa Keunggulannya?
Tribun Jabar/Syarif Abdussalam
Dai Kondang, Aa Gym 

TRIBUNCIREBON.COM - Abdullah Gymnastiar, ulama yang akrab disapa Aa Gym, meluncurkan produk pertanian berupa pupuk organik yang diproses melalui teknologi biokonversi dengan memanfaatkan larva lalat tentara hitam atau black soldier fly (BSF).

Peluncuran produk pupuk yang diberi nama MQ Organik ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya para petani dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertaniannya. Terlebih, pupuk ini dibuat secara alami dan telah mendapatkan sertifikat internasional.

"Alhamdulillah, hari ini kami launching MQ Organik untuk membantu masyarakat lewat pupuk biokonversi ini. Pupuk yang dibuat secara sangat alami dan sudah banyak mendapatkan sertifikat dari Belanda," tutur Aa Gym di peluncuran MQ Organik di Eco Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, melalui siaran pers yang diterima, Kamis (29/8/2019).

Menurut Aa Gym, teknologi biokonversi dilakukan dengan memanfaatkan larva BSF. Larva ini memakan sampah organik secara alami dan mengubahnya menjadi sumber protein, bahan dasar pupuk organik.

"Pupuk ini dihasilkan dari lalat yang larvanya mengeluarkan cairan yang diberi makan sampah-sampah organik yang tidak terpakai, zero wasted. Jadi, betul-betul sangat alami," kata Aa Gym.

Aa Gym pun mengaku telah menerapkan pupuk ini terhadap berbagai macam jenis tanaman yang dikembangkan pada lahan percontohan. Hasilnya, kata Aa Gym, sangat memuaskan dan pihknya berharap kesejahteraan petani pun akan meningkat.

"Pupuk ini benar-benar organik, tidak ada unsur-unsur kimia buatan dan kemudian lebih efisien, harganya juga lebih murah. Produk yang dihasilkan pun lebih berkualitas. Sehingga, petani pun diharapkan lebih meningkat kesejahteraannya," kata Aa Gym yang juga Komisaris di PT MQ Organik.

Aa Gym menambahkan untuk meyakinkan para petani terhadap manfaat pupuk tersebut, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada para petani dengan menyediakan pupuk organik ini secara cuma-cuma, termasuk pendampingan dari para ahli.

"Kami punya ratusan demplot, kami akan fasilitasi, beri pupuk, beri pendampingan, supaya bisa merasakan manfaatnya langsung," katanya.

Direktur Utama PT MQ Organik, Boyke Febrian Mohamad mengatakan di momen bulan kemerdekaan ini, pihaknya ingin memberikan sebuah karya yang diciptakan anak bangsa dengan sebuah produk pertanian berupa pupuk cair yang bisa dimanfaatkan oleh para petani.

Halaman
1234
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved