Breaking News:

DPRD Cirebon Pertanyakan Hutan Kota Sumber Yang Akan Dijadikan Panggung Budaya

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Mustofa, menyebut, tata kelola wilayah Sumber sebagai ibu kota

Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Hutan Kota Sumber Cirebon Bakal Jadi Kawasan Pusat Kebudayaan dan kesenian 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Mustofa, menyebut, tata kelola wilayah Sumber sebagai ibu kota Kabupaten Cirebon, dinilai lebih tertinggal dibandingkan kecamatan lainnya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon, belum lama ini telah mewacanakan, mengubah Hutan Kota Sumber menjadi panggung budaya, sebagai wujud merealisasikan misi bupati terpilih, yakni Kabupaten Cirebon berbudaya.

"Yang jelas kami kaget, belum ada laporan dari pihak eksekutif terkait akan dialihfungsikan Hutan Kota Sumber," kata Mustofa di Kantor DPRD Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Bonang, Kecamatan Sumber, Senin (26/8/2019).

Mustofa mengatakan, Hutan Kota Sumber seharusnya kembali ditata sesuai fungsinya sebagai paru-paru Kabupaten Cirebon, karena lokasinya yang strategis berdekatan dengan pusat pemerintahan.

September Ini Pemkab Cirebon Akan Miliki Bupati Definitif

Lima Tahun Ke Depan, Pemkab Cirebon Akan Wujudkan Smart City

Anggarkan Rp 6 Miliar, Pemkab Cirebon Ingin Bangun TPA Khusus Wilayah Timur

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten, terkait fungsi hutan kota yang seharusnya ditingkatkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

"Hutan kota sebagai penyangga untuk penghijauan kota dijadikan panggung budaya, ini artinya ada pengalihan fungsi, ya kurang baiklah. Kenapa tidak dicarikan tempat lain saja," katanya.

Hutan Kota Sumber yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dipilih oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Cirebon menjadi salah satu lokasi yang nantinya akan menjadi kawasan pusat kebudayaan dan seni.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, mengatakan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2014, salah satu poinnya menyebutkan, menjadikan daerah tersebut adalah kabupaten berbudaya.

Realisasi program, kata Rahmat, akan segera dilaksanakan pada tahun ini dan dilakukan oleh sejumlah dinas terkait, yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Budaya, Pariwisata, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved