Kopi Specialty Kabupaten Bandung Masuk Jajaran Kopi Termahal di Dunia, Cuma Kalah dari Kopi Panama

Bahkan untuk scoring kopi specialty saja, kopi Kabupaten Bandung memiliki nilai yang sangat tinggi dibandingkan kopi-kopi dari negara lainny

Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Asosiasi Kopi Master Indonesia bersama Pemkab Bandung melalui Dinas Pertanian kembali menggelar Indonesian Coffee Masters Competition dalam Bandung Coffee Festival 2019 di Festival Citylink, Kota Bandung, Jumat (23/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Banyaknya varietas kopi di Kabupaten Bandung membuat kopi asal Kabupaten Bandung semakin dikenal di dunia internasional. Bahkan kopi asal Kabupaten Bandung ini nyaris sejajar dengan kopi-kopi termahal di dunia.

Untuk jenis specialty saja kopi Kabupaten Bandung memiliki nilai 88 poin, terpaut 4 angka dengan kopi termahal di dunia yakni Kopi Geisha asal perkebunan Hacienda La Esmeralda di Panama yang memiliki nilai hingga 92-92,5 poin.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengusaha kopi sekaligus Barista Senior Natanael Charis di sela-sela penjuriannya dalam Indonesian Coffee Masters Competition yang di gelar dalam Bandung Coffee Festival di Fetival Citylink Kota Bandung, Jumat (23/8/2019).

"Buat saya kopi Kabupaten Bandung ini sangat menarik, karena banyak varietasnya. Dan banyak sekali gunung yang menghasilkan kopi tersebut, sehingga memiliki citarasa yang berbeda-beda," ujar Natanael Charis di Festival Citylink, kemarin.

Petugas Satpol PP: Baru Sadar Itu Aceng Fikri Saat Truk Melaju Saya Diam Saja, Enggak Berani Nyapa

Mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar Diperiksa KPK Lima Jam Terkait Iwa Karniwa dan Izin Meikarta

Menurutnya, hal itu sangat penting bagi para insan kopi termasuk pengusaha, barista dan petani kopi yang kerap menyajikan kopi-kopi kepada pelanggan. Bahkan kopi-kopi yang memiliki karakteristik dan vatiatif ini sangat penting untuk dibawa dalam setiap kompetisi internasional agar tidak membosankan.

"Nah menurut saya Kabupaten Bandung itu adalah satu-satunya tempat yang memiliki itu semua. Bicara di luar negeri banyak juga, tapi tidak dalam satu kabupaten, nah ini di dalam satu kabupaten saja bisa ada semua," ungkapnya.

Bukan hanya untuk penikmat sehari-hari saja, kopi Kabupaten Bandung bisa dibawa ke pertandingan tingkat dunia. Natanael mengaku sudah sering membawa kopi-kopi asal Kabupaten Bandung dalam kompetisi level dunia.

Hubungan Intim 1 Menit Berujung Maut, Pemuda Ini Kesal, Bunuh Pacar karena Tolak Permintaan Nambah

Blak-blakan Desy Ratnasari pada Raffi Ahmad, Cerita Sosok yang Pernah Tidur Bersamanya di Terminal

Seperti Coffee Masters di 2015 London, Thailand, Dublin Irlandia dan Australia. Dia kerap membawa kopi jenis arabica dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung.

"Saya ingin membuktikan bahwa dari gunung manapun, walaupun karakteristiknya berbeda, tapi ketika prosesnya bagus, pupuknya bagus itu rasanya memiliki unikness tersendiri dan itu menonjol sekali, dibandingkan kopi disana," tuturnya.

Bahkan untuk scoring kopi specialty saja, kopi Kabupaten Bandung memiliki nilai yang sangat tinggi dibandingkan kopi-kopi dari negara lainnya. Bahkan khusus specialty kopi Kabupaten Bandung nyaris sejajar dengan kopi-kopi termahal di dunia.

"Bayangkan ya, untuk sebuah kopi specialty adalah 80 skornya. Kopi Kabupaten Bandung yang terendah saja itu 82 skornya, yang tertinggi itu 88, jadi sudah hampir 90 plus," katanya antusias.

"Kopi termahal dan tertinggi di dunia sekarang skornya antara 92 dan 92,5, ini Kabupaten Bandung 88 skornya hanya terpaut 4 poin saja dengan kopi Geisha La Esmeralda Panama. Di Kabupaten Bandung 88 poin itu kopi Manglayang," pungkasnya. (mud)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved