Breaking News:

HUT ke 74 RI

VIDEO - Detik-detik Pembacaan Proklamasi di Terowongan Bendung Leuwikeris, Terpanjang di Indonesia

ada sekitar 50 orang karyawan PT Waskita – Adhi KSO serta petugas sekuriti yang mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di ujung terowongan Bendungan

Editor: Machmud Mubarok
Tribun Jabar/Andri M Dani
Para pekerja di proyek Bendung Leuwikeris menggelar upacara HUT ke-74 RI di ujung terowongan pengelak terpanjang di Indonesia, Ciamis, Sabtu (17/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS - Puluhan pembangunan proyek Bendungan Leuwikeris  paket 2 dan petugas keamanan mengenang detik-detik Proklamasi dengan mengelar upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di ujung mulut (out let) terowongan pengelak Bendungan Leuwikeris di Desa Ciharalang Cijeungjing Ciamis, Sabtu (17/8) siang. Di bawah ketinggian tebing sisi Sungai Citanduy yang curam.

Terowongan penggelak Bendung Leuwikeris yang tengah dibangun tersebut terdiri dua sesi (2 terowongan) yakni terowongan sesi 1 sepanjang 1.074 meter dan terowongan sesi 2 sepanjang 1.047 meter.

Terowongan yang berada dalam  perut bumi di bawah ketinggian 84 meter ini merupakan terowongan pengelak terpanjang di Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Proyek PT Waskita Adhi KSO   yang tengah menggarap proyek pembangunan Bendungan Leuwikeris paket 2 (terowongan pengelak), Ir Poerwanto.  

Selain menjadi inspektur upcara, Poerwano juga didaulat membacakan teks Pancasila. Sedangkan komandan upacaranya adalah Bapak Enjun. Tiga orang petugas yang didaulat untuk menaikan bendera merah putih adalah Syarif, Iqma dan Ridwan.  

Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI di mulut terowongan pengelak terpanjang di Indonesia tersebut berlangsung khidmat di bawah cuaca yang cerah.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara, Poerwanto mengingatkan para pekerja yang tengah membangun Proyek Bendungan Leuwikeris untuk mengisi kemerdekaan dengan bekerja yang ikhlas dan disiplin. Jauh dari iri dan dengki.

“Dan selalu tetap jaga persatuan serta persaudaraan,” ujar Poerwanto.

Kejadian Langka, Paskibraka Pembawa Baki Kakinya Tertusuk Paku, Tetap Berjuang Kibarkan Merah Putih

Bendera Ukuran 40x10 Meter Dibuat Dalam Waktu Satu Hari, Perlu 10 Orang untuk Pegang Ujung Bendera

Upacara bendera ditutup dengan doa dan nyanyian kemerdekaan yang menggetarkan hati seperti Padamu Negeri, Indonesia Merdeka dan sejumlah lagu yang dapat menggugah rasa patriotism.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved