Disperindag Kabupaten Cirebon Minta Pelaku Usaha Untuk Manfaatkan Fasilitas PLB

Disperindag Kabupaten Cirebon Minta Pelaku Usaha Untuk Manfaatkan Fasilitas PLB

Disperindag Kabupaten Cirebon Minta Pelaku Usaha Untuk Manfaatkan Fasilitas PLB
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Sosialisasi dan Focus Group Discussion di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Cirebon, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Cirebon, Rabu (14/8/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon, meminta kepada seluruh pelaku industri besar serta kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Cirebon, untuk memanfaatkan Pusat Logistik Berikat (PLB) yang saat ini menjadi kebijakan ekonomi pemerintah.

Kepala Disperindag Kabupaten Cirebon, Deni Agustin, mengatakan, fungsi utama dari PLB adalah, untuk mendekatkan supply bahan baku dan bahan penolong dari luar negeri kepada demand di dalam negeri, yaitu industri besar serta IKM.

10 Hal Menarik Yang Kamu Temukan di Harvest Moon Back To Nature PS1, Bikin Nostalgia!

"Membantu perusahaan dalam merencanakan pembelanjaaan bahan baku atau bahan penolong, dengan cara yang efisien," kata Deni saat ditemui di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Cirebon, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Cirebon, Rabu (14/8/2019).

Keuntungan bagi pelaku usaha dari PLB ini, terutama bagi industri kecil, yakni bisa mendapatkan bahan baku industri secara murah, mudah, dan cepat

Deni mengatakan, keberadaan PLB, sangat didukung oleh pemerintah daerah, karena dapat menampung perusahaan importir dan eksportir yang ada di Kabupaten Cirebon, sehingga tidak perlu mengurusi langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Punya Riwayat Penyakit Serius,138 Jemaah Haji Asal Kota Cirebon Masuk Kategori Risiko Tinggi

"Bisa diselesaikan semuanya Cirebon, barang kita tahu-tahu sampai," katanya.

Di Kabupaten Cirebon, kata Deni, industri besar hingga kecil, sudah menjamur, sehingga diprediksi pada beberapa tahun ke depan, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu pusat Industri di wilayah Jawa bagian barat.

"Sudah waktunya tidak kalah dengan daerah luar, PLB ini harus manfaatkan semaksimal mungkin," katanya.

Kepala KPPBC TMP C Cirebon, Agus Saptono, mengatakan, pihaknya mendukung para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing nasional dan mendorong ekspor, dengan fasilitas yang diluncurkan oleh Kementerian Keuangan, yakni PLB.

VIRAL! Beredar Video Banjir di Mina Arab Saudi, Begini Situasi Sebenarnya

Di dalam PLB, barang impor yang ditimbun, masih mendapatkan penangguhan pembayaran bea masuk dan pajak sampai dengan dikeluarkan untuk proses produksi industri, serta bisa ditimbun selama tiga tahun.

"Membantu pengusaha di wilayah Ciayumajakuning, untuk mendapatkan best price atas impor bahan baku produksi," katanya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved