Aga Ananda Said, Usia 14 Tahun Jadi Mahasiswa Termuda Tel-U, Dua Kali Ikut Program Akselerasi

Memilih mengikuti program akselarasi sejak SD dan SMP, memaksa Aga untuk lebih disiplin dan rajin dalam belajar.

Aga Ananda Said, Usia 14 Tahun Jadi Mahasiswa Termuda Tel-U,  Dua Kali Ikut Program Akselerasi
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Muhammad Aga Ananda Said (14) jadi mahasiswa termuda Tel-U tahun 2019. 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, BOJONGSOANG - Muhammad Aga Ananda Said tercatat sebagai mahasiswa termuda di Telkom University (Tel-U) pada tahun ajaran 2019-2020. Aga, sapaan akrab mahasiswa baru Tel-U, ini masih berusia 14 tahun.

Jika rata-rata mahasiswa baru yang masuk ke perguruan tinggi berusia 18-19 tahun, Aga masuk kuliah di usia masih sangat muda, yakni 14 tahun. Dilihat dari usia anak-anak seusianya, seharusnya Aga baru memasuki kelas 2 SMA.

Pemuda kelahiran Bogor 6 Oktober 2004 ini mengungkapkan dirinya sudah mengikuti program akselarasi sejak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sehingga dia bisa memasuki perguruan tinggi di usia masih sangat muda.

"Sejak SD saya mengikuti program akselarasi. SD saya hanya 5 tahun dan SMP hanya 2 tahun. Sementara SMK saya masuk SMK biasa jadi normal 3 tahun, karena di SMK saya tidak ada program akselarasi," ungkapnya saat ditemui di Tel-U, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (14/8/2019).

Heboh, Beredar Video Panas Tiga Pria dan Satu Wanita di Ranjang, Dua Terduga Pelaku Diringkus Polisi

Kapolri Tito Karnavian Cecar Irjen Pol Boy Rafli Amar dengan 5 Pertanyaan Menohok, Apa Saja Ya?

Menurut Aga, sebelumnya dia bersekolah di SD Al Azhar Cibinong Bogor, Jawa Barat sampai kelas tiga SD. Kemudian dia melanjutkan sekolah dasarnya tersebut di SD Muhamadiyah Banjarbaru, Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Aga terpaksa pindah ke Kalimantan mengikuti kepindahan kedua orangtuanya yang harus mengajar di Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), sebuah perguruan tinggi negeri di Banjarmasin.

"Pas pindah kelas tiga ke Kalimantan Banjarmasin terus ngambil program aksel itu, nyoba dan masuk. SMP juga ada programnya, terus nyoba daftar, ternyata keterima juga karena mungkin pernah aksel juga sebelumnya," katanya.

Aga merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Samahudin Muharam dan Ida Laila. Aga memiliki kakak perempuan yang juga masih kuliah bernama Igha Ananda Saidah Muharam dan adiknya Ega Ananda Saidah Muharam yang masih SMP.

Setelah lulus SMP dua tahun di SMPN 6 Banjarmasin, Aga melanjutkan sekolah menengah atasnya di SMK Telkom Banjarbaru. Di SMK Aga mengambil jurusan teknik informatika selama tiga tahun.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved