Kebakaran

4 Jam Pemadam Berjibaku Padamkan Api di Babakan Cibeureum, Pabrik Olahan Plastik dan 5 Mobil Ludes

Proses pemadaman melibatkan 13 unit pancar dari Diskar PB Kota Bandung dan Pancar Husein Sastranegara, dua unit water tanki, dua unit rescue, dan tiga

4 Jam Pemadam Berjibaku Padamkan Api di Babakan Cibeureum, Pabrik Olahan Plastik dan 5 Mobil Ludes
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Kepala Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Dadang Iriana 

Laporan Wartawan Tribun, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kebakaran terjadi di Jl Babakan Cibeureum, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung pada Selasa (13/8/2019) sekira pukul 19.08 WIB. Dadang Iriana, selaku Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menduga bahwa api berasal dari tempat pengolahan plastik.

"Akibat kebakaran ini, satu unit mobil minibus, dan empat unit truk box turut terbakar. Luas keseluruhan areanya ialah sekira 5.000 meter persegi. Beberapa tempat di dalamnya dikontrakkan serta difungsikan sebagai tempat ekspedisi TK seluas 1.000 meter, Gudang bubut seluas 500 meter, gudang pengolahan plastik seluas 2.500 meter, dan pengolahan limbah sterofoam," kata Dadang Iriana.

Peter (45), seorang yang menjadi korban kebakaran yang lapak tempat usaha pengolahan plastiknya, menaksir kerugian yang dialaminya berkisar Rp 400 juta. Ia menceritakan, bahwa awalnya pegawainya melihat ada api yang muncul dan merembet ke lokasi yang lain.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Api berhasil dipadamkan dan pemadaman dinyatakan selesai sekira pukul 23.00 WIB. Proses pemadaman api berlangsung selama empat jam.

Proses pemadaman melibatkan 13 unit pancar dari Diskar PB Kota Bandung dan Pancar Husein Sastranegara, dua unit water tanki, dua unit rescue, dan tiga unit ambulans.

Bertemu Dengan Intan Permata, Mas Yusuf TKI Kini Dijodohkan Dengan Kakak Sepupu Intan

Intan Hardja Menyesal Cerita Pernah Berhubungan Intim dengan Pacar Berondongnya di Konten Rey Utami

AKHIRNYA Mas Yusuf Bertemu dengan Intan Permata Yang Asli, Sempat Ditawarkan Jodoh oleh Intan

Kelainan Seksual, RA Curi Pakaian Dalam Wanita di Indekos & Milik Pacarnya untuk Berfantasi

Dadang Iriana mengatakan, bahwa sebagai langkah awal, timnya melakukan proses pemblokiran api agar tidak merembet ke bangunan lainnya. Hasilnya, delapan unit truk, garasi TK ekspedisi, rumah warga, Pergudangan ekspedisi, dan garmen berhasil diselamatkan dari kobaran api.

Kadiskar PB Kota Bandung mengaku memiliki menjangkau lokasi kebakaran karena padatnya jalanan oleh warga sekitar yang menonton peristiwa kebakaran tersebut. Selain itu, Dadang juga mengatakan bahwa jarak dari lokasi kebakaran dan lokasi pengisian air cukup jauh. Sebagai solusinya, pihaknya mengambil air dari sungai yang ada di sekitar lokasi kebakaran, meskipun debit air sungai kecil karena dampak musim kemarau.

Dadang mengimbau, mengingat banyaknya peristiwa kebakaran, masyarakat diminta secara teliti memeriksa aliran listrik, jangan membakar sampah sembarangan dan jika membakar sampah, harus ditunggu hingga api padam. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved