KH Maimun Zubair Meninggal Dunia

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Melayat ke RS Ann Nuur Mekah, Tempat Wafatnya KH Maimun Zubair

Kabar wafatnya KH Maimun Zubair langsung beredar begitu cepat melalui pesan berantai di media sosial.

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Melayat ke RS Ann Nuur Mekah, Tempat Wafatnya KH Maimun Zubair
TRIBUNNEWS/M HUSEIN SANUSI
Mobil ambulans dari RS Ann Nuur Mekkah sudah disiapkan untuk membawa jenazah KH Maimun Zubair, Selasa (6/8/2019). 

TRIBUNCIREBON.COM, MEKKAH - Ribuan jemaah haji asal Indonesia berdatangan ke Rumah Sakit Ann Nuur Mekkah Al Mukarromah begitu mendapat informasi tentang wafatnya kiai sepuh dan kharismatik, KH Maimun Zubair.

KH Maimun Zubair wafat seusai melaksanakan salat Subuh di ruang perawatan RS Ann Nuur Mekkah, Selasa (6/8/2019).

Menteri Agama RI yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, jenazah KH Maimun Zubair masih di RS Ann Nuur menunggu penyelesaian administrasi. 

"Kami berharap jenazah bisa dimandikan dan disemayamkan di Kantor Daker Mekkah," kata Lukman Hakim Saifuddin di Mekkah, Selasa (6/8/2019).

Kabar wafatnya KH Maimun Zubair langsung beredar begitu cepat melalui pesan berantai di media sosial.  Jemaah haji asal Indonesia yang sudah berada di Mekkah pun mendatangi RS Ann Nuur setelah mendapat kabar itu.

Saat ini ribuan orang tengah menunggu jenazah KH Maimun Zubair dibawa keluar dari RS. Sebuah mobil ambulans sudah dipersiapkan untuk membawa jenazah.

Sebelumnya diberitakan, tokoh besar Nahdlatul Ulama, yakni KH Maimun Zubair dikabarkan wafat saat melakukan serangkaian ibadah haji pada Selasa (6/8/2019). Kabar ini pun sontak mengejutkan banyak pihak. Kabar wafatnya KH Maimun Zubair dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani.

"Iya, saya dapat kabar beliau meninggal di Mekkah," kata Asrul Sani. 

Asrul juga mengatakan kabar itu didapatkan langsung dari putranya Mbah Maimun, yakni Taj Yasin yang merupakan wakil gubernur Jawa Tengah. 

"Dikonfirmasi putra beliau, Gus Yasin, Wagub Jateng," ujarnya. 

Seperti diketahui, Maimun Zubair merupakan salah satu tokoh sepuh di PPP. Dia dikenal sebagai pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar di Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Breaking News: KH Maimun Zubair Dikabarkan Meninggal Dunia di Mekkah, Fotonya Tersebar di Internet

KH Maimun Zubair juga merupakan salah seorang alim ulama ahli fikih sekaligus penggerak. Bahkan, KH Maimun ini serting sekali menjadi rujukan ulama Indonesia dalam bidang ilmu fiqh. 

Sebelum melakukan ibadah haji, Mbah Maimun sempat berpamitan dengan Ketua Umum Partai PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, pada Sabtu (27/7/2019). 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menyampaikan keterangan pers terkait wafatnya tokoh ulama sepuh KH Maimun Zubair di RS Ann Nuur Mekkah, Selasa (6/8/2019).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menyampaikan keterangan pers terkait wafatnya tokoh ulama sepuh KH Maimun Zubair di RS Ann Nuur Mekkah, Selasa (6/8/2019). (TRIBUNNEWS/M HUSEIN SANUSI)

Mbah Mun sempat berkunjung ke kediaman Megawati dengan ditemani putranya Taj Yasin. Saat itu, Mbah Mun sempat mengungkapkan tujuan kedatangannya ialah untuk berpamitan dengan Megawati, karena hendak berangkat ibadah haji ke Mekkah, pada Minggu (28/7/2019). 

"Kunjungan saya ke sini hanya ingin silaturahim dan pamitan, karena mau berangkat naik haji ke Tanah Suci, hari Minggu besok," kata Mbah Mun, yang sempat ditirukan oleh Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga, yang saat itu juga berada di kediaman Megawati. 

Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved