KABAR Gembira untuk Warga Majalengka, RSUD Majalengka Kini Miliki Ruang NICU Khusus Bayi

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka menghadirkan ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), Senin (5/8/2019).

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Salah satu kasur yang disediakan di ruang NICU untuk perawatan bayi di RSUD Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka menghadirkan ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), Senin (5/8/2019).

Hal itu disampaikan Kepala bagian Tata Usaha, Supartiningsih saat ditemui di kantornya, Senin (5/8/2019). Supartiningsih mengatakan, hari ini merupakan hari pertama ruang NICU mulai dapat digunakan.

Ruang itu menurutnya, ruangan terbaru yang dihadirkan di RSUD Majalengka.

"Jadi buat bayi yang kondisi lahirnya buruk dapat dilayani di ruangan itu, ibaratnya sebagai ruangan ICU-nya anak begitu," ujar Supartiningsih, Senin (5/8/2019).

Ia menyampaikan, sampai hari ini ruangan tersebut baru terdapat di RSUD Majalengka dari Rumah Sakit yang ada di Majalengka.

Sementara itu, terkait jumlah kasur yang tersedia, Supartiningsih menyampaikan pihaknya baru menyediakan lima buah kasur.

RSUD Majalengka Terpilih Sebagai Lembaga Pelayanan Publik Terbaik Di Atas Disdukcapil dan Dinkes

Polisi Kawal Amsor 24 Jam Penuh Selama Rawat di RSUD Majalengka

"Sementara kami layani yang melahirkan di sini dulu," ucapnya.

Namun, menurut dia pelayanan ruangan tersebut sudah dikomunikasikan dengan semua Rumah Sakit. Sehingga, nantinya jika ada pasien yang butuh ruang NICU bisa dikondisikan.

NICU ialah ruang perawatan intensif di rumah sakit yang difungsikan untuk merawat bayi prematur dan bayi baru lahir sampai usia 30 (tigapuluh) hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital.

Bayi-bayi yang berada di NICU umumnya adalah bayi dengan risiko tinggi. Bayi risiko tinggi tersebut ialah bayi yang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit atau kematian daripada bayi lain untuk meningkatkan dan mengoptimalkan perawatan bayi baru lahir.

NICU difasilitasi dengan berbagai alat mulai alat pernafasan, alat pengontrol detak jantung, pengatur suhu, serta lain-lain yang dibutuhkan untuk mengontrol kesehatan bayi secara intensif.

Selain itu, dokter dan perawatnya pun tidak bisa sembarangan, melainkan harus orang-orang yang ahli dan terbiasa merawat bayi. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved