RESMI, Kementerian Agama RI Telah Tetapkan Minggu 11 Agustus Sebagai Hari Raya Iduladha 1440 H

Kementerian Agama menetapkan tanggal 11 Agustus sebagai hari raya Iduladha 1440 Hijriyah.Penetapan sesuai pemantauan hilal yang dilakukan di 92 titik

RESMI, Kementerian Agama RI Telah Tetapkan Minggu 11 Agustus Sebagai Hari Raya Iduladha 1440 H
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Berikut ini niat puasa sunah Tarwiyah dan Arafah, serta kapan terakhir memotong kuku bagi yang berniat untuk melakukan kurban. Simak di sini! 

TRIBUNCIREBON.COM - Kementerian Agama menetapkan tanggal 11 Agustus sebagai hari raya Iduladha 1440 Hijriyah.

Penetapan sesuai dengan penghitungan dan pemantauan hilal yang dilakukan di 92 titik di seluruh Indonesia. Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR RI dan sejumlah ormas menetapkan 2 Agustus sebagai 1 Djulhizah.

Sebelumnya, terlebih dahulu salah satu organisasi Islam besar di Indonesia, yakni Persis telah merilis jadwal penetapan Hari Raya Iduladha.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribuncirebon.com, Pimpinan Pusat Persis telah mengedarkan surat edaran perihal penetapan Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Minggu (11/8/2019). Tak hanya itu, Persis juga telah menetapkan 1 Dzulhijah 1440 H. 

Dari edaran tersebut tertulis di poin 3, Ijtima akhir Dzulqadah 1440 H pada Kamis (1/8/2019) pukul 10.11 Wib. Secara hisab, masih dalam tulisan yang ada pada surat edaran, saat Magrib di wilayah Indonesia bulan belum menjadi hilal, maka tanggal 1 Dzulhijah 1440 H pada Jumat (2/8/2019), dan Iduladha bertepatan dengan hari Minggu (11/8/2019).

Surat Edaran
Surat Edaran (Istimewa)

Sejauh ini, organisasi Islam baru Persis yang telah mengumumkan penetapan Hari Raya Iduladha, sementara untuk Organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah masih belum ada informasi kapan pelaksanaan Hari Raya Iduladha tersebut akan dilaksanakan. 

Sejauh ini, merujuk pada kalender 2019, pemerintah menetapkan dengan meliburkan atau menanggal merahkan Minggu (11/8/2019). Ada Kemungkinan Hari Raya Iduladha jatuh pada tanggal yang sama untuk seluruh umat Islam dari berbagai organisasi keislaman yang ada di Indonesia. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved