Breaking News:

Nisan Kolonial Belanda di Indramayu Bernama Martinus Azon Cornelis Jacometti Jadi Tutup Septic Tank

Bukan karena kondisinya yang rusak, melainkan nisan ini dijadikan sebagai sebuah tutup septic tank atau tutup pembuangan limbah kotoran manusia.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Sebuah batu nisan salah seorang kolonial belanda bernama Martinus Azon Cornelis Jacometti menjadi tutup septic tank di Asrama KNIL di kawasan Gedung Eks Asisten Residen Indramayu, Kamis (1/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sebuah batu nisan salah seorang kolonial belanda tampak mencuri perhatian di Kawasan Gedung Eks Asisten Residen Indramayu di desa Pengajian, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.

Bukan karena kondisinya yang rusak, melainkan nisan ini dijadikan sebagai sebuah tutup septic tank atau tutup pembuangan limbah kotoran manusia.

Plt Kasi Permuseuman dan Kepurbakalaan (Muskala) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Indramayu, Tinus mengatakan, nisan ini ditemukan telah menjadi tutup septing di Asrama militer Koninklijk Nederland Indie Lager (KNIL).

"Kemungkinan besar nisan ini berasal dari kerkhof atau pemakaman belanda di sana," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Kamis (1/8/2019).

Tercantum pada nisan itu tertuliskan ukiran sebuah nama Martinus Azon Cornelis Jacometti. Di bawahnya juga terdapat tulisan lainnya berbahasa belanda yang mana kondisi huruf-hurufnya sudah mulai memudar.

Pudarnya huruf-huruf ini kemungkinan besar karena sering terinjak juga dampak dari terjemur sinar matahari dan guyuran air hujan, meningat lokasi septic tank ini berada di ruang terbuka.

Dari ukiran berbahasa belanda itu juga tertulis Geboren 23 December 1860, dibawahnya Overleden Juni 1916. Atau jika dibahasa Indonesiakan berarti terlahir 23 Desember 1860 dan meninggal Juni 1916.

"Tanggal kematiannya ini sudah tidak terbaca," ucap Tinus.

Dirinya menyampaikan, belum mengetahui secara pasti siapa konilial belanda yang tertera pada batu nisan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved