Monyet Penghuni Situs Petilasan Kalijaga Cirebon Turun ke Rumah Warga, Ada Apa Ya? Ini Penyebabnya

Monyet penghuni Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, mulai turun ke rumah-rumah warga.

Monyet Penghuni Situs Petilasan Kalijaga Cirebon Turun ke Rumah Warga, Ada Apa Ya? Ini Penyebabnya
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Suasana Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (1/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Cirebon, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Monyet penghuni Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, mulai turun ke rumah-rumah warga.

Pasalnya, musim kemarau seperti sekarang sumber makanan di kompleks cagar budaya itu mulai menipis. Sehingga, kawanan primata yang menghuni kawasan itu merambah pemukiman warga sekitar untuk mencari makanan.

Yani Ariyani (45), warga sekitar situs itu mengaku pada dasarnya sudah terbiasa tinggal berdampingan dengan hewan-hewan itu. Namun, ia tetap merasa takut keluar rumah untuk beraktivitas saat monyet-monyet itu mendatangi rumahnya.

"Tadi pagi pas mau beli sarapan ada 10 ekor monyet di teras rumah," kata Yani Ariyani (45) saat ditemui di rumahnya, Kamis (1/8/2019).

GEGER, Ular Piton, Babi Hutan dan Monyet Masuk Perkampungan di Kabupaten Bandung, Diduga Kelaparan

Monyet-monyet Langsung Kabur Naik ke Pohon Ketika Banyak Orang Berkunjung ke Situs Buyut

Ini Cerita 41 Monyet di Situs Buyut Banjar Indramayu, Sejak Dulu Jumlahnya Tetap Sama

Yani mengaku sangat terkejut saat membuka pintu rumahnya dan melihat sekelompok monyet itu. Karenanya, ia pun mengurungkan niatnya membeli nasi uduk langganannya dan memilih berdiam diri di dalam rumah.

Situs Petilasan Sunan Kalijaga merupakan merupakan kawasan hutan yang dihuni oleh sekelompok monyet. Situs tersebut juga seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Kota Udang untuk berziarah.

"Biasanya monyet ini cuma di atap rumah, enggak sampai turun ke halaman ataupun teras rumah," ujar Yani.

Sementara warga lainnya, Nunung Hidayati (42), mengatakan, setiap kemarau tiba monyet-monyet itu selalu menyerbu rumah warga. Minimnya sumber makanan merupakan penyebab utama monyet-monyet itu turun ke rumah warga.

"Kalau kemarau kan pohon-pohon di situs itu jadi kering, sehingga monyetnya ke rumah warga untuk mencari makan," kata Nunung Hidayati. (*)

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved