Breaking News:

Ini 15 Cara Ampuh dan Murah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Alias Hipertensi

Saat ini sekitar 7 dari 10 orang dewasa berada pada risiko tinggi terkena stroke atau serangan jantung karena tekanan darah mereka terlalu tinggi

TRIBUNNEWS.COM
Periksa tekanan darah secara rutin untuk mendeteksi secara dini penyakit hipertensi. 

TRIBUNCIREBON.COM - Berdasar data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tahun 2018, dari lima penyakit tidak menular yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia, salah satu di antaranya dan tertinggi adalah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. Seperti ditulis di laman doktersehat.com, kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat–zat lain. Kondisi ini memerlukan penanganan. Selain menggunakan obat-obatan, ada cara mengatasi darah tinggi secara alami yang bisa Anda praktikkan setiap hari di rumah.

Saat ini sekitar 7 dari 10 orang dewasa berada pada risiko tinggi terkena stroke atau serangan jantung karena tekanan darah mereka terlalu tinggi. Aktivitas yang padat, kurangnya berolahraga, dan banyak mengonsumsi makanan cepat saji menjadi pemicu munculnya penyakit hipertensi.

Jangan Sampai Terkena Diabetes! Ini Cara Gampang Keluarkan Gula Darah di Tubuh dalam Waktu 3 Hari

Cara Mudah Keluarkan Gula Darah di Tubuh dalam Waktu 3 Hari, Jangan Sampai Anda Terkena Diabetes

Cara Mengatasi Darah Tinggi
Jika telah didiagnosis mengalami tekanan darah tinggi, Anda dapat melakukan serangkaian cara menurunkan darah tinggi secara alami berikut ini:

1. Olahraga secara rutin
Cara mengatasi darah tinggi yang pertama adalah olahraga ringan seperti joging yang Anda lakukan secara rutin. Cara ini membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung Anda.

2. Mengonsumsi yoghurt
Para ilmuwan menemukan cara mengatasi darah tinggi dengan yoghurt. Para ilmuwan menyebutkan bahwa yoghurt kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah Anda lebih lentur. Hal ini pun akan bermanfaat untuk sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

3. Rajin mengonsumsi pisang
Mulailah untuk memasukkan pisang sebagai menu sarapan Anda. Pisang diketahui mengandung kalium yang merupakan mineral pentung untuk mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membantu mengatasi darah tinggi.

4. Batasi asupan garam
Cara menurunkan darah tinggi secara alami dengan mengurangi asupan garam dari makanan yang Anda konsumsi. Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

Kesaksian Tukang Bandrek Lihat Semburan Abu dan Turun Paling Akhir dari Gunung Tangkuban Perahu

Detik-detik Gunung Tangkuban Parahu Meletus Terekam Kamera, Warga Teriak dan Ucap Allahu Akbar

5. Turunkan berat badan
Diet ternyata dapat mengatasi darah tinggi. Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung Anda bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Berhenti merokok
Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras. Jadi, berhenti merokok menjadi salah satu cara menyembuhkan darah tinggi.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved