Terjadi Gunung Meletus? Jangan Panik, Nih Doa-doa Saat Terjadi Gunung Meletus Atau Bencana Lain

Erupsi Gunung Tangkubanparahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terjadi pada Jumat (26/7/2019).

Terjadi Gunung Meletus? Jangan Panik, Nih Doa-doa Saat Terjadi Gunung Meletus Atau Bencana Lain
BNPB
Abu vulkanik yang mengebul di gunung Tangkuban Parahu 

TRIBUNCIREBON.COM - Erupsi Gunung Tangkubanparahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terjadi pada Jumat (26/7/2019).

Video detik-detik erupsi Gunung Tangkuban Parahu ini diunggah oleh beberapa warganet di Twitter.

Dalam video yang beredar, tampak awan hitam menyelimuti hingga setinggi 200 meter saat erupsi Gunung Tangkuban Parahu.

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa-doa yang berisi kebaikan, ketika gunung meletus ataupun bencana alam lainnya terjadi.

Seperti dikutip dari TribunJogja.com, berikut adalah doa yang dapat dibaca saat terjadi gunung meletus ataupun bencana lainnya.

Nih Mitos dan Legenda Gunung Tangkubanparahu Yang Meletus Tadi Sore

Gunung Tangkubanparahu Erupsi dan Warga Diimbau untuk Waspada, Begini Kata Plh Kepala Informasi BNPB

1. Memohon Keselamatan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ، وَالْحَرَقِ، وَالْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا»

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kehancuran. Aku berlindung kepada Engkau dari jatuh. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tenggelam, terbakar, dan pikun. Aku berlindung kepada Engkau dari meninggal di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri dari (dari medan perang [jihad]). Serta aku berlindung kepada Engkau dari meninggal dalam keadaan tersengat (binatang berbisa).”

2. Memohon Kebaikan Atas Apa Yang Terjadi

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Ini Doa saat Terjadi Gunung Meletus atau Bencana Lainnya, https://wow.tribunnews.com/2019/07/26/erupsi-gunung-tangkuban-parahu-ini-doa-saat-terjadi-gunung-meletus-atau-bencana-lainnya.

Editor: Ananda Putri Octaviani

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Wow
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved