Breaking News:

Marc Klok Bersiap Jadi WNI, 4 Pilar Timnas Indonesia Ini Akan Tersisih?

Empat pilar lini tengah timnas Indonesia kian terancam posisinya menyusul percepatan naturalisasi Marc Anthony Klok.

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
agustriyanto
Marc klok foto dengan jersey Timnas Indonesia 

TRIBUNCIREBON.COM - Empat pilar lini tengah timnas Indonesia kian terancam posisinya menyusul percepatan naturalisasi Marc Anthony Klok.

Proses naturalisasi gelandang asal Belanda, Marc Anthony Klok, mendapatkan dukungan dari pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengaku telah meminta kepada pihak hukum Kemenpora untuk bisa mempercepat proses naturalisasi Marc Klok.

"Saya sudah meminta ke teman-teman Hukum Kemenpora untuk dipercepat prosesnya supaya bisa segera dibawa ke Kumham (Kementerian Hukum dan HAM). Lalu ke Presiden. Kami maunya cepat," kata Gatot kepada wartawan.

Namun begitu, pihak Kemenpora juga masih melakukan pengkajian terhadap dokumen persyaratan yang diajukan gelandang PSM Makassar tersebut.

"Prosesnya masih pengkajian di teman-teman hukum Kemenpora, juga menyangkut kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi," ujar Gatot menambahkan.

Terkait hal ini, Marc Klok baru saja menyambangi Kantor Kemenpora bersama pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, pada Senin (22/7/2019).

Pelatih timnas Indonesia (Simon McMenemy, Sesmenpora, (Gatot S. Dewa Broto), dan pemain asing PSM Makassar (Marc Klok) di Kantor Kemenpora, Senin (22/7/2019).
Pelatih timnas Indonesia (Simon McMenemy, Sesmenpora, (Gatot S. Dewa Broto), dan pemain asing PSM Makassar (Marc Klok) di Kantor Kemenpora, Senin (22/7/2019). (INSTAGRAM.COM/MARCKLOK)

Proses Naturalisasinya Selesai Juli Ini, Fabiano Beltrame Siap Bela Maung Bandung

Lawan Malaysia Pada Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Diharapkan Penuhi SUGBK

Keikutsertaan Simon ini turut mengundang perhatian pendukung timnas Indonesia. Besar kemungkinan Marc Klok akan menjadi salah satu pilar andalan Simon McMenemy di tim Merah Putih.

Tentu hal ini bisa menjadi ancaman bagi pilar lini tengah timnas Indonesia lainnya. Jika ditilik pada empat laga yang telah dilalui Simon McMenemy bersama timnas, terdapat tiga pemain yang memiliki kesamaan posisi dengan Marc Klok.

Mereka ialah Evan Dimas Darmono (Barito Putera), Rizky Pellu (PSM Makassar), Arthur Bonai (PSIS Semarang), dan Zulfiandi (Madura United).

Kehadiran Marc Klok bisa menjadi ancaman bagi empat gelandang elite Liga 1 2019 ini. Bukan tidak mungkin satu dari empat nama tersebut akan didepak ketika Marc Klok telah merampungkan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pergeseran posisi yang dilakukan oleh Simon McMenemy terhadap keempat jenderal lapangan tengah tersebut.

Segenap pihak berharap, naturalisasi Marc Klok bisa segera rampung sebelum tahap kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Menurut jadwal, timnas Indonesia akan memulai pertandingan pertama melawan Malaysia pada 5 September 2019. (*)

Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved