Bukan Cuma Makanan, Ternyata Bensin Bisa Basi Juga Loh, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Perlu diketahui, bukan hanya makanan yang bisa basi, ternyata hal yang sama juga bisa terjadi pada bensin.

Bukan Cuma Makanan, Ternyata Bensin Bisa Basi Juga Loh, Yuk Kenali Tanda-tandanya
Otoseken.id/Stefanus Yoga
Ilustrasi tangki bensin 

TRIBUNCIREBON.COM - Perlu diketahui, bukan hanya makanan yang bisa basi, ternyata hal yang sama juga bisa terjadi pada bensin.

Dikutip dari GridOto.com, bensin yang sudah lama tidak terpakai akan mengalami penurunan kualitas. Hal itu disampaikan oleh ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institur Teknologi Bandung (IPB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

Penurunan kualitas bensin itulah yang akan menghasilkan residu atau pengendapan.

"Biasanya setelah enam bulan mobil tidak dipakai sama sekali, maka bensin akan basi," ujarnya.

"Bensin yang terlalu lama disimpan di tangki ada penurunan kualitas Research Octane Number (RON) dan lama kelamaan akan menjadi residu," jelasnya.

Proses terjadinya bensin basi
Proses terjadinya bensin basi ((Kompas.com/blanchardmachinery))

Lebih lanjut, jika motor mengonsumsi bensin yang sudah basi, maka akan ada dampak negatif. Resiko paling bahaya adalah bisa menyebabkan tangki menjadi bocor.

Dua Model Motor Triumph Edisi Terbatas Dijual di Indonesia, Harga Dibanderol Rp 495 Juta

Wanita Pertama di Divisi Kawal Motor Secret Service, Ternyata Ayahnya 100 Persen Orang Indonesia

"Residu bensin itu biasanya berwarna kuning kecoklatan. Kalau di motor injeksi bisa menyumbat lubang-lubang di injector. Kalau di plastik atau karet seperti selang bensin dan sil susah hilangnya. Biasanya jadi penyebab kebocoran tangki, residu bensin itu menyebabkan karat di sambungan tangki," katanya.

Selain itu, kebiasaan membiarkan motor sampai kehabisan bensin ternyata tidak baik dan memberikan dampak ke depannya.

Walaupun tidak berdampak secara langsung, namun tetap saja bisa merusak fuel pump jika sering membiarkan motor dalam keadaan habis bensin. Dikutip dari Otoseken.id, pemilik Boim Motor, Boim mengatakan ketika tangki bensin dalam keadaan kosong, maka akan memaksa full pump bekerja lebih berat.

"Yang pasti saat bensin kosong, kinerja fuel pump jadi lebih berat," ujar Boim.

Jika fuel pump bekerja lebih berat karena tidak adanya bensin, maka membuat mekanisme fuel pump bisa menjadi rusak.

"Biasanya ada tekanan tiba-tiba loss. Memang akan normal lagi ketika diisi bensin, tapi kan fuel pump udah terlanjur muter terus pas lagi kosong," ujar Boim.

Oleh karena itu, Boim menyarankan untuk tetap mengisi bensin dan jangan sampai kehabisan. Lebih lanjut Boim menjelaskan dampak yang akan ditimbulkan dari kebiasaan kehabisan bensin bukan sekadar tangki menjadi bocor, lebih parahnya bisa membuat fuel pump menjadi jebol.

"Bahan bakar kosong itu kan membuat ruangan di tangki lama kelamaan jadi timbul karat. Mending kalau cuma bocor, kalau karatnya jatuh ke dasar tangki kemudian dihisap oleh fuel pump, bisa bikin fuel pump jebol," ucap Boim. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Bensin Ternyata Juga Bisa Basi, Berikut Dampak Buruk yang akan Ditimbulkan, https://wow.tribunnews.com/2019/07/24/bensin-ternyata-juga-bisa-basi-berikut-dampak-buruk-yang-akan-ditimbulkan?page=all.
Penulis: Elfan Fajar Nugroho
Editor: Ananda Putri Octaviani

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Wow
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved