Breaking News:

Selama 3 Tahun Kabupaten Indramayu Akan Danai KIB, Ketua DPRD Indramayu: Jika Tak Mandiri Kami Tarik

Pemekaran atau pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Indramayu menjadi Kabupaten Indramayu Barat

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat saat menandatangai surat persetujuan pemekaran Kabupaten Indramayu Barat di DPRD Kabupaten Indramayu, Senin (22/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemekaran atau pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Indramayu menjadi Kabupaten Indramayu Barat pada Senin (22/7/2019) seluruh prosesnya telah terselesaikan untuk tingkat kabupaten.

Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat menyampaikan, penyelesaian seluruh proses itu ditandai dengan adanya penandatanganan surat persetujuan pemekaran Indramayu Barat oleh Bupati Indramayu, Supendi dan pihak DPRD Kabupaten Indramayu.

"Surat acara ini akan kami kirim ke provinsi, nantinya akan ditindak lanjuti oleh Pak Gubernur dan DPRD Provinsi Jabar," ujar Taufik Hidayat saat ditemui Tribuncirebon.com di DPRD Kabupaten Indramayu.

Dirinya mengatakan, setelah resmi terlepas dan berdirinya Kabupaten Indramayu Barat, pemerintah Kabupaten Indramayu tetap akan menyokong anggaran untuk daerah pemekaran tersebut.

Taufik Hidayat menyampaikan penyuplaian anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD). Adapun untuk lamanya, kata dia, hanya selama tiga tahun ke depan.

Hal tersebut dijelaskan Ketua DPRD Indramayu, agar Kabupaten Indramayu Barat dapat mengelola tata pemerintahan dengan baik nantinya dan sebagai upaya kemandirian.

Selepas tiga tahun, apabila Kabupaten Indramayu Barat tidak dapat mandiri. Maka pemekaran atau DOB akan ditarik kembali menjadi wilayah Kabupaten Indramayu.

"Kalau tiga tahun nanti Kabupaten Indramayu Barat bisa mandiri ini akan dilepas, kalau tidak bisa ya mereka harus balik lagi," ucap dia.

Saat disinggung besaran anggaran yang disuplai, Taufik Hidayat mengatakan, persentase besaran anggaran sudah diatur oleh ketentuan.

Hal itu menyesuaikan dengan jumlah desa di 10 kecamatan yang tergabung dalam Kabupaten Indramayu Barat dibagi dengan kemampuan keuangan Kabupaten Indramayu.

"Makanya untuk Dapil 4 meski termasuk di barat hanya Kecamatan Terisi saja yang masuk,"

Sekedar informasi, Dapil 4 Kabupaten Indramayu sendiri, meliputi Kecamatan Cikedung, Lelea, Losarang dan Terisi. Selain Kecamatan Terisi yang masuk ke dalam Kabupaten Indramayu Barat, tiga kecamatan lainnya masih menjadi bagian Kabupaten Indramayu. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved