VIDEO - Liburan di Museum Bandar Cimanuk, Ada Pusaka Bersejarah Mulai Dari Zaman Hindu-Budha

VIDEO - Liburan di Museum Bandar Cimanuk, Ada Pusaka Bersejarah Mulai Dari Zaman Hindu-Budha.

VIDEO - Liburan di Museum Bandar Cimanuk, Ada Pusaka Bersejarah Mulai Dari Zaman Hindu-Budha
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Museum Bandar Cimanuk yang terletak di Jalan Veteran Nomor 1 Lemahabang, Indramayu menjadi surganya heritage 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Museum Bandar Cimanuk yang terletak di Jalan Veteran Nomor 1 Lemahabang Indramayu menjadi surganya heritage atau pusat benda-benda bersejarah di bumi Wilarodra.

Kepala Pengelola Museum Bandar Cimanuk, Nang Sadewo mengatakan, Kabupaten Indramayu memiliki sejarah panjang dari berbagai generasi zaman.

Perjalanan panjang itu terbukti dengan adanya jejak-jejak budaya dan peradaban peninggalan para leluhur yang memiliki ciri khasnya tersendiri, hal ini menjadikan daerah seluas 204,001 Ha dengan panjang pantai 114 Km itu berbeda dengan daerah-daerah lain.

"Sekarang itu Indonesia kan terikat dengan adanya Undang-Undang tentang kemajuan kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 salah satunya adalah tentang cagar budaya," ujar Nang Sadewo saat ditemui Tribuncirebon.com di Museum Bandar Cimanuk, Minggu (21/7/2019).

Manuskrip Islam Syekh Abdul Manan Usianya Ratusan Tahun, Jadi Bukti Penyebaran Islam di Indramayu

Dijelaskan Nang Sadewo, Museum Bandar Cimanuk hadir berkat inisiatif para pencinta budaya yang tergabung dalam yayasan Komunitas Museum Cimanuk yang bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Indramayu.

Pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, ada ratusan benda bersejarah di Museum Bandar Cimanuk mulai dari Zaman Hindu-Budha, Zaman Kerajaan Islam, Zaman Pra Kemerdekaan, Zaman Kemerdekaan, hingga benda-benda tradisional yang digunakan oleh masyarakat terdahulu.

Museum Bandar Cimanuk sediri terdiri dari beberapa ruang, ada ruang khusus yang menyimpan berbagai naskah-naskah kuno, benda-benda pusaka, foto-foto Bupati Indramayu dari Bupati pertama hingga saat ini dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga ruangan yang menyimpan peralatan yang digunakan oleh para nelayan pada tempo dulu, ada juga peralatan para petani, dan lain-lain.

Di ruang lainnya juga tersimpan peralatan zaman dahulu, seperti radio, kamera, piano, telepon, mesin jahit.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved