KREATIF - 5 Mahasiswa UMM Berhasil Ubah Sampah Plastik Jadi Lempengan Furniture

Lima mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengolah sampah plastik

KREATIF - 5 Mahasiswa UMM Berhasil Ubah Sampah Plastik Jadi Lempengan Furniture
istimewa
Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil mengolah sampah plastik menjadi furniture 

TRIBUNCIREBON.COM - Lima mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengolah sampah plastik menjadi lempengan bahan baku furniture.

Salah satu mahasiswa, Agus Firmansyah menuturkan pengolahan sampah plastik menjadi lempengan bahan baku furniture berawal dari menggunungnya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Maka kami mencoba untuk mengolah sampah plastik sebagai bahan baku untuk furniture," tutur Agus, Minggu (21/7/2019).

Ia menambahkan proses pengolahan produk dimulai dari pemilihan sampah plastik seperti botol kemasan mineral, kresek dan bungkus jajanan. Selanjutnya, sampah tersebut dibakar dan dijadikan lempengan bahan baku furniture.

Kendati dibakar, mereka mengklaim produknya ramah lingkungan karena asap hasil pembakaran disalurkan ke dalam air menggunakan selang.

KREATIF - Peserta Lomba Ini Buat Puding dari Bahan Ikan Patin, Yuk Intip Resepnya

HEBAT - Di Tangan Ketiga Mahasiswa Tidar Magelang Ini Limbah Kulit Kacang Disulap Jadi Prebiotik

"Ini tidak akan merusak lingkungan karena karbon dioksida kita salurkan kedalam sebuah wadah berisi air yang diletakkan di sebelah tempat pembakaran," ujarnya.

Cairan plastik hasil pembakaran dialirkan kedalam cetakan yang berbentuk kotak berukuran 50 x 50 cm. Uniknya, lempengan hasil olahan plastik dapat dijadikan kursi, meja dan lemari. Produk tersebut bahkan dijual dengan harga Rp 85 ribu hingga Rp 250 ribu.

Agus mengatakan karyanya ini telah dimulai sejak tahun 2015. Selain itu, produk itu juga didaftarkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan.

"Kebetulan kami semuanya satu kelas, sehingga untuk koordinasi jadi lebih mudah. Sekarang tinggal fokus pemasaran," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Baku Furniture, Simak!, https://jatim.tribunnews.com/2019/07/21/mahasiswa-universitas-muhammadiyah-malang-olah-sampah-plastik-jadi-bahan-baku-furniture-simak.
Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Melia Luthfi Husnika

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved