Breaking News:

Serial Sejarah Cirebon

Mayor Tan Tjin Kie Sosok Berpengaruh Bagi Perkembangan Kota Cirebon

Sosok Mayor Tan Tjin Kie ternyata mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan Kota Cirebon. Tan Tjin Kie

FOTO ISTIMEWA DOKUMEN PRIBADI NURDIN M NOOR
Puing-puing sisa nisan makam Tan Tjin Kie di Kampung Dukuhsemar, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Cirebon, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sosok Mayor Tan Tjin Kie ternyata mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan Kota Cirebon. Tan Tjin Kie merupakan warga keturunan Tionghoa yang lahir di Cirebon pada akhir 1800-an.

Bahkan, Tan Tjin Kie juga disebut sebagai orang terkaya di Kota Udang pada masa itu dan dikenal dermawan. Menurut Budayawan Cirebon, Nurdin M Noer, Mayor Tan Tjin Kie banyak berjasa dalam pembangunan sarana prasarana di Kota Cirebon.

"Di antaranya, membangun Rumah Sakit Orange, Sekolah Tionghoa, dan Vihara Winaon," ujar Nurdin M Noer saat ditemui di kediamannya di kawasan Perumnas, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (18/7/2019).

Rumah Sakit Orange sendiri sekarang menjadi Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati yang berada di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon. Bahkan, kini RSD Gunung Jati telah menjelma menjadi rumah sakit rujukan se-Wilayah III Cirebon.

Selain itu, menurut Nurdin, Tan Tjin Kie juga menjadi penghubung masyarakat Tionghoa Kota Cirebon dengan pemerintah Hindia Belanda.

Mayor Tan Tjin Kie Orang Tionghoa Terkaya di Cirebon Yang Kini Jejaknya Hilang Tak Berbekas

Kisah Inspiratif Petani di Indramayu Sukses Hasilkan Berton-ton Tanaman Palawija dan Hortikultural

"Pada awal abad ke-19 Mayor Tan Tjin Kie memiliki beberapa pesanggrahan bergaya Hindia Cirebon," kata Nurdin M Noer.

Di antaranya, Roemah Pesisir, Roemah Tambak, dan Roemah Kalitandjoeng. Ia mengatakan, salah satu rumah yang paling mewah milik Tan Tjin Kie berada di Desa Luwunggajah, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Rumah mewah tersebut diberi nama Binarong atau Gedong Binarong atau Istana Binarong.

"Di dekat situ ada Suikerfabriek Luwunggadjah, pabrik gula yang sekaligus menjadi pabrik uangnya Tan Tjin Kie," ujar Nurdin M Noor.

Namun, kata dia, dari sekian banyak peninggalan Tan Tjin Kie hanya RSD Gunung Jati yang bertahan hingga kini. Selebihnya seolah dibiarkan terbengkalai dan tak terurus hingga ada juga yang sudah dibongkar berganti bangunan lain. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved