FENOMENA - Cuaca Ekstrem Landa Kertasari Kabupaten Bandung, Air Embun Sampai Membeku

cuaca ekstrem beberapa lokasi perkebunan teh milik PTPN VIII di kawasan Kertasari, Kabupaten Bandung masih mengalami fenomena

Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Air embun yang ada di daun teh membeku di Kertasari, Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

KERTASARI - Akibat cuaca ekstrem beberapa lokasi perkebunan teh milik PTPN VIII di kawasan Kertasari, Kabupaten Bandung masih mengalami fenomena embun membeku. Suhu terendah di kawasan Perkebunan Teh Kertasari ini sempat mencapai 0 derajat celcius.

Menurut pantauan Tribun di wilayah perkembunan teh di Desa Tarumajaya dan Desa Santosa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung tampak daun-daun teh yang membeku. Kepingan es tampak menyelimuti daun-daun dan pohon teh.

Sebelum terbit matahari, hamparan perkebunan teh ini tampak putih karena diselimuti embun yang membeku. Hingga pukul 07.00 WIB daun-daun ini masih membeku.

Salah satu warga setempat Igin (64) menuturkan wilayah Kertasari memang terkenal dengan suhu dinginnya dengan suhu mencapai 17-22 derajat celcius. Namun dalam seminggu ini suhu rata-rata di wilayah Kertasari mencapai 11-0 derajat celcius.

Lemon yang Dibekukan Ternyata Obat Kanker Payudara, Disebut Lebih Ampuh Ketimbang Kemoterapi

Banyak yang Belum Tahu Kalau Lemon Beku Bisa Sembuhkan Kanker Payudara

"Saya rasa sudah semingguan kayak gini, biasanya enggak terlalu dingin kayak gini. Cuma kemarin itu dingin banget, kemarin suhu mencapai 0 derajat. Ada yang beku (tanaman)," katanya saat ditemui di lokasi, Kamis (18/7/2019).

Sementara untuk fenomena embun membeku ini sudah terjadi selama tiga hari terakhir termasuk hari ini. Fenomena ini terjadi menjelang dini hari hingga terbit matahari.

"Tahun lalu mah lebih parah lagi dari sekarang, sampai mengalami minus 4 derajat celcius," katanya. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved