Breaking News:

Keboncelan 'Stunting' di Kabupaten Indramayu Capai 29,9 Persen, Bupati Targetkan 2020 Turun 5 Persen

Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berupa memberantas tingkat stunting khususnya di Kabupaten Indramayu.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Sosialisasi pencegahan stunting di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu, Kamis (20/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berupa memberantas tingkat stunting khususnya di Kabupaten Indramayu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupa­ten Indramayu, Deden Boni Koswara mengatakan, saat ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Indramayu masih tergolong tinggi, yakni 29,9 persen.

"Stunting menjadi masalah nasional, ini terlihat dari angka prevalensi stunting di nasional mencapai kurang lebih 30 persen, sedangkan di tingkat provinsi mencapai 30,2 persen," ujarnya saat Rumbuk Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Indramayu, di Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indramayu, Selasa (16/7/2019).

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, jika tidak cepat diatasi, akan berdampak pada tidak memilikinya daya saing para generasi penerus, hal ini tentu akan menjadi beban bagi bangsa Indonesia ke depan.

Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada seluruh pihak terkait, baik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pemerintahan kecamatan, puskesmas, serta posyandu untuk berkomitmen dalam mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Indramayu.

Selain itu, Dinkes Kabupaten Indramayu juga menetapkan rencana kegiatan bakti intervensi secara integrasi sebagai fokus penurunan percepatan stunting.

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Kampanyekan Pola Hidup Sehat Guna Murunkan Prevelensi Stunting

Kampanyekan Pencegahan Stunting, Ahli Gizi Minta Perempuan Remaja Lakukan Hal Ini

"Rencana ini perlu dilakukan oleh semua pihak dan dukungan juga dari peran serta masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu, Supendi menyampaikan, target penurunan stunting di Kabupaten Indramayu pada tahun 2020, yaitu turun sampai 5 persen.

Dirinya optimis, dengan dukungan semua pihak cita-cita penurunan stunting hingga 5 persen di Kabupaten Indramayu ini dapat terealisasikan.

"Kami juga akan memaksimalkan peran posyandu dan puskesmas untuk memberi edukasi kepada masyarakat," ujar dia. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved