HATI-hati, Hari Ini Hingga Dua Hari Ke Depan, Angin Kencang Akan Landa Wilayah Ciayumajakuning

Potensi angin kencang akan melanda wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) hingga beberapa

HATI-hati, Hari Ini Hingga Dua Hari Ke Depan, Angin Kencang Akan Landa Wilayah Ciayumajakuning
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi Gelombang Tinggi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Potensi angin kencang akan melanda wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) hingga beberapa hari ke depan.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Tribuncirebon.com, dari Badan Metologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, diprakirakan kecepatan angin dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 kilometer per jam dan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Peningkatan kondisi kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Utara dan Selatan ekuator.

Posisi matahari yang berada di utara ekuator mendukung terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah tersebut yang mencapai 998 hPa.

Gempa Bermagnitudo 6 Goyang Pulau Dewata, Begini Analisis BMKG

Bagaimana Cuaca di Wilayah III Cirebon Hari Ini Menurut BMKG? Intip di Sini

Selain Kekeringan, Bencana Kebakaran dan Angin Kencang Berpotensi Melanda Kabupaten Indramayu

Sedangkan di wilayah selatan, mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1033 hPa), perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah selatan ekuator.

Mengingat, wilayah Ciayumajakuning yang berada di selatan dekat dengan pusat tekanan tinggi yang berada di daratan Australia dan didukung oleh faktor lokal adanya Gunung Ciremai (menjadi Angin Kumbang).

Sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin. Berdasarkan hasil pengamatan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi-Majalengka pada Selasa (16/7/2019), arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 48 kilometer per jam.

BMKG mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang dan juga peningkatan tinggi gelombang mencapai  > 1,5  meter di Perairan Utara Cirebon dan Indramayu. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved