Breaking News:

VIDEO - Detik-detik Kepanikan Warga Ternate Saat Diguncang Gempa 7,2 SR, Sudah Ada 3 Korban Jiwa

VIDEO - Detik-detik Kepanikan Warga Ternate Saat Diguncang Gempa 7,2 SR, Sudah Ada 3 Korban Jiwa

Penulis: Mutiara Suci Erlanti | Editor: Mutiara Suci Erlanti
(AFP/STR)
Warga berada di luar rumah mereka setelah terjadinya gempa di Labuha, Maluku Utara, Minggu (14/7/2019). Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 7,2 terjadi sekitar pukul 16.10 di 62 kilometer sebelah timur laut Labuha, Maluku Utara. 

TRIBUNCIREBON.COM- Video amatir yang memperlihatkan situasi kepanikan warga Ternate saat diguncang Gempa berkekuatan 7,2 SR, Minggu 14 Juli 2019.

Dalam video tersebut, warga terlihat berhamburan keluar bangunan dan mulai berteriak serta berlarian karena panik saat gempa terjadi.

Meski berkekuatan sebesar 7,2 SR, namun BMKG menyebut itu tidak berpotensi tsunami.

Dilansir Tribuncirebon.com dari kompas.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab terjadinya gempa magnitudo 7,2 yang mengguncang wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Minggu (14/7/2019).

Kepala BMKG Ternate Kustoro Heriyatmoko saat dikonfirmasi Kompas.com dari Ambon menyebut gempa magnitudo 7,2 itu terjadi akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan,” kata Kepala BMKG Ternate, Maluku Utara, Kustoro Heriyatmoko kepada Kompas.com via WhatsApp, Minggu malam.

Sering Pamer & Cari Perhatian, Psikolog Sebut Barbie Kumalasari Ada Kecenderungan Idap Mythomania

Dia mengatakan, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa yang mengguncang Labuha, Halmahera Selatan tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

Selain di wilayah Labuha dan Maluku Utara, guncangan gempa juga dirasakan di daerah Obi V MMI, Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Raja Ampat, Sorong, dan Bolaang Mongondow II MMI.

“Dilaporkan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut di Kecamatan Gene Barat Halmahera Selatan. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Gempa berkekuatan 7.2 magnitudo sebelumnya mengguncang wilayah Labuha pada pukul 18.10 WiT.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved