Breaking News:

Pengelola Hotel Prima Indramayu Sebut Pemkab Indramayu Punya 2 Masalah Datangkan Pengunjung

Minimnya kunjungan tamu di sejumlah hotel di Kabupaten Indramayu disebabkan oleh dua faktor utama.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ratusan pengunjung masih memadati wisata Pantai Balongan Indah di hari terakhir libur lebaran, Minggu (9/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com. Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Minimnya kunjungan tamu di sejumlah hotel di Kabupaten Indramayu disebabkan oleh dua faktor utama. Supervisor Marketing Hotel Prima Indramayu, Hendra Gunawan mengungkapkan dua faktor tersebut. 

Pertama faktor pariwisata, menurutnya sektor pariwisata ini justru dapat berdampak pada jumlah pengunjung atau wisatawan yang nantinya menginap. 

"Kawasan Indramayu masih kalah dari wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Padahal, secara geografis potensi wisata Indramayu cukup menjanjikan terutama wisata baharinya," katanya saat ditemui Tribuncirebon.com di ruangannya, Selasa (9/7/2019). 

Sejauh ini, Hendra menyebut pengelolaan serta promosi potensi wisata tersebut masih minim, sehingga berdampak pada berkurang pula wisatawan yang datang ke Indramayu, termasuk mereka yang hendak menginap di hotel. 

Faktor kedua, Hendra menyebut akses jalan yang yang masih belum memadai. Menurutnya, untuk jarak tempuh dari Exit Tol Cipali ke Kabupaten Indramayu atau sampai ke pusat kota Indramayu memerlukan waktu tempuh lama. 

Para pengunjung harus memutar terlebih dahulu ke Kecamatan Jatibarang, Karangampel, dan sekitarnya baru bisa ke Kota Indramayu.

Hadirnya BIJB Tak Pengaruhi Jumlah Penginap di Hotel Indramayu

Ini Harapan Amaris Hotel Cirebon Setelah Dipindahnya Sejumlah Rute Penerbangan dari Bandung ke BIJB

"Ini yang menjadi kendalanya, padahal kalau lokasi hotel-hotel di sini strategis ada di tengah kota," ucap dia.

Hendra juga mengatakan, apabila menggunakan kendaraan transportasi jenis kereta api pun sama halnya dengan menggunakan Jalan Tol, para pengunjung harus menempuh jarak cukup jauh dari stasiun ke tengah kota.

Hal itu karena pusat kota Kabupaten Indramayu tidak terlintasi oleh jalur kereta api. Dia berharap pemerintah dapat membuat inovasi untuk lebih menjual potensi yang ada di Indramayu.

"Banyak pengunjung yang justru memilih Cirebon kota tujuan, mengingat Cirebon memiliki akses jalan ke tengah kota yang mudah serta aset wisata yang menjadi daya tarik para wisatawan," ujarnya. (*)

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved