Breaking News:

SMUP Jalur Mandiri Ditunda, Pihak Kampus Sebut Ujian Pengganti Digelar Sabtu Ini

Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jalur mandiri pada sesi 1 dan 2 ditunda.

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Reni Susanti
Kampus Unpad 

TRIBUNCIREBON.COM - Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jalur mandiri pada sesi 1 dan 2 ditunda.

“Ada kendala pada Mobile-Asisted Testing (MAT), sehingga pelaksanaan MAT sesi 1 dan 2 ditunda pekan depan, Sabtu (13/7/2019) dari seharusnya Sabtu (6/7/2019),” ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Syauqi Lukman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Syauqi mengatakan, di hari pertama, pelaksanaan MAT sempat mengalami kendala di aspek teknis pada server milik Unpad. Akibatnya, sebagian besar peserta tidak bisa melaksanakan ujian. Dari 2.343 peserta yang mengikuti MAT di hari pertama, hanya 96 peserta yang berhasil menyelesaikan ujian walaupun sempat terlambat beberapa jam.

Ujian pengganti akan digelar Sabtu pekan ini. Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti ujian pada jadwal tersebut, Unpad mengupayakan solusi alternatif pemindahan jadwal ujian antara Senin-Jumat (8-12 Juli). Unpad juga menyediakan penggantian kerugian untuk biaya transportasi mulai mulai tiket, bensin, dan tiket tol untuk peserta.

Bagi peserta yang hendak meminta penggantian biaya, akan didata melalui Unit Layanan Terpadu dan melalui layanan email humas@ unpad.ac.id dengan menyertakan informasi data pendaftaran. Syauqy memastikan, kendala yang terjadi pada hari pertama merupakan kejadian yang tidak terduga (force majeur). Unpad telah mengupayakan sejumlah perbaikan pada sistem ujian.

Tes Masuk Unpad Ricuh, Server Mengalami Kendala, Pihak Kampus Ganti Rugi Biaya Transportasi Peserta

Oknum Dosen Unpad Daftarkan Anak ke SMAN 5 Bandung Pakai KK Bodong, MPP Laporkan ke Gubernur

“Untuk itu kami mengucapkan permohoan maaf sebesar-besarnya kepada peserta SMUP Unpad 2019 beserta orangtuanya atas ketidaknyamanan ini. Pada prinsipnya Unpad tidak berharap untuk merugikan para peserta dan orangtua,” katanya.

Seleksi jalur mandiri program sarjana Unpad diikuti sekitar 5.140 peserta. Setelah mengalami kendala di hari pertama, pelaksanaan MAT di hari kedua, Minggu (9/7/2019), berjalan lancar. Sebanyak 3.000 peserta mengikuti MAT hari kedua. Protes orangtua Salah satu orangtua calon mahasiswa, Ahmad Jauhari mengaku kecewa mengetahui ujian ditunda karena persoalan teknis. Ia bersama istri mengantar anaknya ke Jatinangor sehari sebelum ujian.

“Tujuannya apa, untuk menjaga psikologis anak agar tidak lelah ataupun stres saat mau ujian,” ucapnya. Untuk menemani sang anak di hari itu, ia bahkan membatalkan janji dengan para kliennya. “(Unpad) mau mengganti biaya transport dan lainnya. Tapi bukan itu masalahnya. Bagaimana dengan waktu, tenaga, dan psikologis anak?” ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seleksi Masuk Unpad Ditunda, Ini Alasannya", https://regional.kompas.com/read/2019/07/08/11060311/seleksi-masuk-unpad-ditunda-ini-alasannya.
Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : David Oliver Purba

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved