Ternyata Ini Penyakit Misterius Yang Serang Bocah di Cimahi, Gejala Awal Batuk Hingga Diare

Dinas Kesehatan Kota Cimahi datang mengecek langsung kondisi Rifki Mulyanudin (11) bocah yang mengidap penyakit misterius

Ternyata Ini Penyakit Misterius Yang Serang Bocah di Cimahi, Gejala Awal Batuk Hingga Diare
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Rifki Mulyanudin (11) mengalami lumpuh sejak kelas 3 SD setelah disuntik imunisasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi datang mengecek langsung kondisi Rifki Mulyanudin (11) bocah yang mengidap penyakit misterius, Jumat (5/7/2019). Bocah ini tinggal di Kampung Bobojong RT 6/15, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. 

Dokter Umum Puskesmas Cipageran, Diani Anggraeni, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, penyakit yang dialami Rifki itu, yakni Guillain Barre Syndrome atau gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf.

"Jadi penyakitnya bisa menyerang siapa saja, tidak berpatok pada umur seperti Rifki yang masih anak-anak. Gejala awalnya batuk, pilek hingga diare dan alami lumpuh dulu dua-duanya," katanya.

Penyakit ini, kata Diani, menyerang saraf mulai kaki hingga ke atas bahkan bisa menyebabkan kematian. Namun untuk Rifki dari awal bisa segera ditangani, sehingga hanya mengalami kelumpuhan dan tetap bisa disembuhkan.

"Ini penyakit langka, perbandingannya 1 berbanding 1000. Ini berbeda dengan polio yang biasanya lumpuhnya itu satu kaki dulu," ucapnya.

Disuntik Imunisasi, Bocah Lumpuh Selama Satu Tahun, Dokter Tak Tahu Penyakit yang Diidap Anak Ini

Wali Kota Cimahi, Ajay Priatna pun turut mengunjungi Rifki di kediamannya guna memberikan bantuan pengobatan demi kesembuhan Rifki dari penyakit langka. 

"Ini sedang kami tangani, semaksimal mungkin pemerintah kota akan membantu karena (keluarganya) memang membutuhkan bantuan untuk biaya terapi," ujar Ajay di rumah Rifki.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memberikan kursi roda agar Rifki setidaknya bisa beraktifitas selama menjalani perawatan untuk menyembuhkan penyakitnya.

"Terkait JKN-KIS kami akan urus semuanya karena saat ini mereka mandiri, Pemkot Cimahi akan urus itu dan saya sudah meminta agar dokter dari Dinkes segera melakukan penanganan," katanya. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved