Ini Tarif Baru Ojek Online Sejak Diberlakukan per 1 Juli 2019

Tarif baru ojek online berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 mulai diberlakukan secara bertahap sejak 1 Juli 2019.

Ini Tarif Baru Ojek Online Sejak Diberlakukan per 1 Juli 2019
Kompas.com
Kementerian Perhubungan berencana akan mengatur diskon atau tarif promo yang dikeluarkan oleh perusahaan aplikasi ojek online. 

TRIBUNCIREBON.COM - Tarif baru ojek online berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 mulai diberlakukan secara bertahap sejak 1 Juli 2019.

Hal tersebut dinyatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub), Budi Setiadi di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).

Pada tahap pertama diberlakukan di 41 kota yang dibagi dalam tiga zonasi. Zona satu, di antaranya Banda Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, dan Palembang. Zona dua, di antaranya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Khusus untuk zona dua, merupakan zona yang menjadi pilot project keputusan tersebut, sehingga sudah mulai jauh sebelum tanggal 1 Juli.

VIRAL - Uangnya Kurang, Penumpang Ini Tawarkan Bayar Ojek Online Pakai Beras 1 Kg

Pengemudi Ojek Online Alami Luka Karen Dipukul Tukang Ojek Pangkalan Usai Mengantar Penumpang

Sedangkan zona tiga, di antaranya Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Kupang, Manado, sampai ke kota Jayapura.

"Mulai 1 Juli kemarin, memberlakukan lagi keputusan menteri nomor 12 menyangkut masalah sepeda motor sebagai angkutan untuk masyarakat di 41 kota dibagi dalam tiga zona," kata Budi Setiadi.

Budi Setiadi mengaku pemberlakuan peraturan tersebut dilakukan bertahap untuk mempertimbangkan tingkat pengawasan. Diakuinya bila dilakukan secara serentak langsung, maka pengawasan tak berjalan efektif. Karena itu, diprioritaskan untuk kota-kota besar terlebih dahulu.

"Iya ini kami bertahap karena kalau langsung serentak susah ngawasinnya. Belum lagi kalau ada gejolak. Lebih baik bertahap, tapi konsisten," jelas Budi Setiadi.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan menetapkan tarif tersebut untuk mencegah perang tarif yang kontraproduktif.

Dalam keputusan menteri tersebut, zona satu tarif batas bawah ditentukan seharga Rp. 1.850 - Rp 2.300 perkilometer. Sedangkan untuk zona dua tarif batas bawah sebesar Rp 2.000 - Rp 2.500. Serta zona tiga tarif batas bawah sebesar Rp 2.100 - Rp 2.600.

Kementerian Perhubungan mengakui pengawasan dilakukan dengan melibatkan Komisi Persaingan Usaha (KPPU). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tarif Baru Ojek Online Mulai Diberlakukan Bertahap Sejak 1 Juli 2019, http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/07/05/tarif-baru-ojek-online-mulai-diberlakukan-bertahap-sejak-1-juli-2019.
Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Adi Suhendi

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved