Disbudparpora Cirebon Baru Serap Anggaran APBD 26,9 Persen di Semester Pertama,Ini Penyebabnya

Pencapaian serapan anggaran APBD 2019 semester pertama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda, dan Olaharaga

Tribuncirebon.com/Siti Masithoh
Ilustrasi - Ratusan warga Kabupaten Cirebon mengikuti olahraga bersama dan deklarasi anti kekerasan di Lapangan Pataraksa, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (23/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Cirebon, Siti Masithoh

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pencapaian serapan anggaran APBD 2019 semester pertama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda, dan Olaharaga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, mencapai angka 26,9 persen. Penyebabnya dikarenakan mayoritas anggaran dialokasikan untuk kegiatan fisik.

"Pencapaian Disbudparpora di tahun anggaran APBD 2019 semester pertama ini baru di angka 26,9 persen," ujar Sekretaris Disbuparpora Kabupaten Cirebon, R Chaidir, saat ditemui DPRD kabupaten Cirebon, Kamis (4/7/2019).

Pihaknya mengaku pencapaian tersebut menjadi sorotan Komisi IV DPRD.

"Tadi dicermati juga oleh anggota dewan, namun itu terjadi karena angka-angka yang besar itu adanya di proyek fisik yang sampai hari ini masih sedang berjalan," kata dia.

Pengalihan Bandara dari Bandung ke Kertajati Diprediksi Dishub Indramayu Berikan Dampak Positif

Sepulang Liburan dari Luar Negeri, Ahok Bakal Nge-Vlog Lagi, Isinya Soal Motivasi Hidup

Ketika proyek fisiknya selesai, lanjut dia, penyerapan APBD 2019 dipastikan akan meningkat drastis. Bahkan persentasenya mencapai 70 persen.

"70 persennya itu ada di proyek fisik. Nanti tunggu dua sampai tiga bulan ke depan, penyerapan akan meningkat," ujarnya.

Adapun untuk proyek fisik tersebut dialokasikan untuk pembuatan beberapa gedung, misal gedung kesenian di Gegesik, gedung olahraga Satria Laga, dan gedung lainnya.

"Di jadwal kegiatan paling selesai September atau Oktober, sekarang sedang dimulai," kata dia.

Menurutnya, dewan juga menyoroti terkait anggaran KONI yang berasal dari dana hibah.

"Itu anggaran hibah murni, pertanggungjawabannya ada di KONI. Kami tidak bisa menjelaskan. Apakan terserap atau tidak," ujarnya. (*)

Penulis: Sitimasithoh
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved