Berbekal Miniatur Mobil, Lulusan SMK Ini Bikin Mobil Sport Mewah Sekelas Lamborghini Secara Manual

Meski replika, mobil-mobil sport mewah buatannya ini tampak mirip aslinya, karena detail mobil benar-benar diperhatikan oleh Ronny

Berbekal Miniatur Mobil, Lulusan SMK Ini Bikin Mobil Sport  Mewah Sekelas Lamborghini Secara Manual
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Ronny Nopirman (36) sukses menyulap mobil-mobil biasa menjadi mobil-mobil sport mewah yang harganya mencapai ratusan juta. 

TRIBUNCIREBON.COM, BALEENDAH - Di tangan pria lulusan SMK ini mobil-mobil biasa disulapnya menjadi mobil sport mewah, dimulai dari Lamborghini, Ferrari hingga Bugatti. Mobil replika buatannya tersebut dia jual seharga Rp 350 juta per unit.

Adalah Ronny Nopirman (36) pemilik bengkel Extreme Modifikasi di Jalan Sipatahunan, RT 02/04 Kelurahan/Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Sudah banyak mobil-mobil sport mewah yang dimodifnya, seperti Ferrari Spider, Ferrari Enzo, Ferrari Gallardo, Lamborghini Renventon, Lamborghini Avantador, Laferrari, dan Buggati Chiron.

"Waktu pembuatannya 8 bulan sampai setahun, tergantung jenis pesanananya," ujarnya saat ditemui di bengkelnya, Rabu (3/7/2019).

Dalam pembuatan replika mobil sport tersebut, Ronny menggunakan bahan pelat baja dan cetakan fiber (serat fiber). Dirinya mengaku sudah mempunyai beberapa cetakan body Ferrari Spider, Ferrari Enzo, Ferrari Galardo, Lamborghini Renventon, Lamborghini Avantador, Laferrari, dan Buggati Chiron.

Sementara jenis mobil sport lainnya harus membuat cetakan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu cukup lama. Untuk membuat cetakan, hanya bermodalkan miniatur mobil berukuran 1:64.

"Semua produksi secara manual (hand made) makanya membutuhkan waktu lama. Sisanya menggunakan mesin bor dan gerinda saja," katanya.

Aib Barbie Kumalasari Dibongkar Bekas Suami, Belum Menikah Sudah Diajak Tinggal Sekamar di Apartemen

KASUS Ikan Asin Semakin Riuh, Kakak Sonny Septian Buka Suara: Lu Mau Lihat Jahatnya Kita Bisa Juga

Meski replika, mobil-mobil sport mewah buatannya ini tampak mirip aslinya, karena detail mobil benar-benar diperhatikan oleh Ronny. Tidak hanya bagian luar, tapi bagian interior di dalam mobil juga sangat diperhatikan Ronny.

Hingga sepintas, orang-orang tidak akan menyangka jika mobil tersebut hanya sebuah replika. Terlebih suara mobil replika buatan Ronny mirip dengan aslinya.

Ronny Nopirman (36), lulusan SMK, sukses menyulap mobil-mobil biasa menjadi mobil-mobil sport mewah yang harganya mencapai ratusan juta.
Ronny Nopirman (36), lulusan SMK, sukses menyulap mobil-mobil biasa menjadi mobil-mobil sport mewah yang harganya mencapai ratusan juta. (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Diakui Ronny kecepatan mobil buatannya memang berbeda jauh dari mobil sport aslinya. Menurutnya kecepatan maksimal mobil buatannya hanya bekisar antara 120 KM/jam sampai 140 KM/jam saja.

Hal tersebut dikarenakan masalah mekanis, yang mana mesin yang disematkan di dalam mobil sport buatannya ini merupakan jenis mesin bawaannya. Sebagaimana diketahui mesin mobil biasa pada umumnya berada di depan.

Ronny Nopirman (36) sukses menyulap mobil-mobil biasa menjadi mobil-mobil sport mewah yang harganya mencapai ratusan juta.
Ronny Nopirman (36) sukses menyulap mobil-mobil biasa menjadi mobil-mobil sport mewah yang harganya mencapai ratusan juta. (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

"Jadi saya mengubahnya menjadi mesin belakang, sehingga ada komponen yang sengaja dimatikan. Ini yang mempengaruhi kecepatan mobil," katanya.

Pernikahan Sedarah Kakak Adik di Bulukumba, Ayah Minta Anaknya Ditenggelamkan di Laut

Pria di Bulukumba Selingkuhi Adik Kandungnya Sampai Hamil 4 Bulan, Keluarga Minta Diproses Hukum

Setiap unitnya Ronny jual seharga Rp 350 juta, itu sudah termasuk mesin (mobil). Sehingga konsumen yang berniat membeli mobil sport mewah buatannya tidak harus membawa mobil, karena mesin sudah disiapkan olehnya.

"Jadi harga segitu (Rp 350 juta) itu sistemnya kredit. Pelanggan hanya tinggal memberikan uang muka maksimal Rp 50 juta dan sisanya diangsur sesuai dengan proses pengerjaan," katanya.

"Banyak yang mau cash, tapi saya tidak mau. Biar konsumen aman. Ke saya tidak punya beban hutang. Yang pentung pas mobil beres pembayaran juga sudah lunas," ujarnya.

Sampai saat ini Ronny sudah memiliki banyak pelanggan hampir dari seluruh Indonesia sudah ada. Saat ini ia juga mengaku sedang mengerjakan 32 pesanan mobil sport mewah milik konsumennya. (mud)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved