Breaking News:

Pilpres 2024

3 Tokoh Politik yang Sudah di-Branding sebagai Calon Presiden RI Periode 2024-2029, Ada Ridwan Kamil

Ajang calon pemilihan presiden (Pilpres) 2019 diikuti dua kandidat yakni Joko Widodo atau Jokowi -Maruf Amin. . .

Istimewa
Konvoi Royal Enfield yang diikuti Ridwan Kamil. 

TRIBUNCIREBON.COM - Ajang calon pemilihan presiden ( Pilpres) 2019 diikuti dua kandidat yakni Joko Widodo atau Jokowi-Maruf Amin bertarung melawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Adapun pada ajang Pilpres 2019 itu, Jokowi dan Maruf Amin Ditetapkan sebagai pemenang yang sah sebagai calon presiden dan wakil presiden periode 2019- 2024.

Baru saja terpilih Jokowi-Maruf Amin sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, belakangan ini, publik sudah disodorkan berita soal Pilpres 2024, yang dimana muncul spekulasi dan prediksi-prediksi nama-nama tokoh yang nantinya bakal meramaikan ajang tersebut.

Lembaga survei LSI Denny JA menilai bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok BTP masih punya peluang untuk berlaga pada Pemilihan Presiden 2024.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, nama Ahok BTP berpeluang besar menjadi "kuda hitam" yang memberi efek kejut pada kontestasi Pilpres 2024.

"Bisa jadi Basuki Tjahaja Purnama masuk sebagai sosok misterius, Mr X yang nomor 15 tadi. Dia ( Ahok BTP) menjadi sosok yang memberi efek kejut ke depan nanti ketika di 2024 nanti," kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Selasa (2/7/2019).

Rully menuturkan, nama Ahok BTP saat ini belum masuk bursa karena statusnya yang tidak memegang jabatan pemerintahan maupun jabatan partai politik tertentu.

Menurut Rully, peluang Ahok BTP akan lebih besar jika ia mendapat amanah mengisi pos-pos penting, sehingga dapat menunjukkan kinerjanya dan kembali mencuri perhatian publik.

"Kita belum gebrakan Ahok BTP ke depan, ya.

Apakah bisa jadi nanti dimasukkan sebagai menteri atau ke depan menjadi kepala daerah di tempat lain, kita belum tahu apa yang akan dilakukan Ahok BTP," ujar Rully.

Rully menambahkan, Ahok BTP juga bisa mengubah citranya sebagai eks narapidana bila menunjukkan prestasi di jabatan baru yang mungkin akan disandangnya.

"Ketika dia misalnya nanti sudah mulai aktif kembali di jabatan-jabatan publik, dari situlah Pak Ahok BTP bisa menunjukkan prestasi ke depannya supaya ada efek pemilih untuk memilih Ahok BTP sebagai the next president," kata Rully.

Bukan hanya Ahok BTP

Duta Besar Belgia untuk Indonesia, Stephane De Loecker dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung sate, Rabu (12/6)
Duta Besar Belgia untuk Indonesia, Stephane De Loecker dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung sate, Rabu (12/6) (Tribun Jabar/Syarif Pullof Anwari)

Sementara itu, tagar # 2024gantipresiden yang sempat trending di Twitter bukan hanya berisi cuitan antara pendukung Jokowi dan Prabowo saja.

Menariknya, muncul nama baru yang justru di-branding oleh pengguna Twitter sebagai calon presiden juga, yaitu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Nama Ridwan Kamil tiba-tiba muncul pada tagar #2024gantipresiden di tengah panasnya suasana politik pasca-Pilpres 2019.

 

Ahok BTP dan Sejumlah Tokoh Ini Diprediksi Ramaikan Pilpres 2024, Ada Sri Mulyani dan Tito Karnavian

HASIL Brasil vs Argentina di Copa America 2019, Gol Tambahan Firmino Pastikan Selecao ke Babak Final

KASUS Ikan Asin Semakin Riuh, Kakak Sonny Septian Buka Suara: Lu Mau Lihat Jahatnya Kita Bisa Juga

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan arahan dalam Kopdar bersama bupati/wali kota, Kabupaten Bandung Barat, Senin (4/3/2019)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan arahan dalam Kopdar bersama bupati/wali kota, Kabupaten Bandung Barat, Senin (4/3/2019) (Istimewa/Humas Pemprov Jabar)

Adapun nama Ridwan Kamil di-branding sebagai calon presiden periode 2024 - 2029.

Ada Nama AHY

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) menggunakan mobil Toyota Land Cruiser saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5/2019).
Menariknya saat itu, nomor polisi mobil AHY adalah B 2024 AHY.
Apa makna angka tersebut? Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin menyebut bahwa angka 2024 itu mengacu pada tahun 2024, dimana pemilu legislatif dan pemilu presiden akan kembali digelar.
Sebagai komandan Kogasma Partai Demokrat yang digadang-gadang sebagai calon pemimpin masa depan, maka AHY harus siap menghadapi tahun politik itu.
Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Muhammad Prananda Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri Aliya Rajasa saat bersilaturahim di Hari Raya Idul Fitri di kediaman Megawati, Teuku Umar, Jakarta, Rabu (5/6/2019).
Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Muhammad Prananda Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri Aliya Rajasa saat bersilaturahim di Hari Raya Idul Fitri di kediaman Megawati, Teuku Umar, Jakarta, Rabu (5/6/2019). (Instagram/puanmaharaniri)
"Jadi bisa dibilang itu harapan AHY dan harapan kita semua untuk tahun 2024. Harapan itu diwujudkan lewat kreativitas seperti itu kan boleh-boleh saja," kata Amir saat dihubungi, Jumat (3/5/2019).
Nama AHY sebenarnya juga sudah muncul di bursa pilpres 2019, tapi ia gagal mendapatkan tiket untuk mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres.
Namun Amir menilai peluang AHY untuk menjadi capres dan cawapres lebih terbuka lebar pada 2024.
"Meskipun akan banyak juga anak-anak muda lain yang akan muncul, namun AHY menjadi salah satu yang diperhitungkan," kata Amir.
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved