Breaking News:

Pernah Gangguan Jiwa, Wanita Pembawa Anjing ke Masjid Tetap Jadi Tersangka, Ini Alasan Polres Bogor

Meskipun perbuatan SM melawan hukum, Polres Bogor masih mempertimbangkan riwayat gangguan jiwa yang dideritanya.

(Dokumentasi Polres Bogor)
Seorang wanita berkacamata hitam diperiksa Polres Bogor setelah aksinya viral di Media Sosial Twitter. 

TRIBUNCIREBON.COM - SM (52), wanita yang membawa anjing ke dalam masjid di Bogor, Jawa Barat, ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama oleh Polres Bogor.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky mengatakan, penetapan SM sebagai tersangka didasarkan pada dua alat bukti yang cukup yaitu persesuaian keterangan, termasuk barang bukti berupa pakaian dan alas kaki.

Meskipun perbuatan SM melawan hukum, Polres Bogor masih mempertimbangkan riwayat gangguan jiwa yang dideritanya.

Dicky mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyidikan secara berkelanjutan dengan menimbang alasan pemaaf sebagaimana diatur pada Pasal 44 KUHP.

"Kalau pun nanti hasilnya memang memiliki gangguan kejiwaan seperti yang dimaksud pada Pasal 44 ayat 2 KUHP, semuanya nanti akan diputuskan di pengadilan, jadi atas keputusan hakim," katanya kepada Kompas.com di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (2/7/2019).

WOW, Burung Merpati Ini Dibeli Warga Depok Seharga Rp 1 Miliar, Kelebihannya Apa?

Bekas Suami Barbie Kumalasari Bongkar Aib Mantan, Belum Menikah Sudah Diajak Tinggal di Apartemen

Menurut Dicky, dalam persidangan nantinya akan dihadirkan saksi ahli yaitu dokter yang menangani SM guna membuktikan gangguan kejiwaan SM.

"Jadi perbuatan pidananya tetap kita sidik. Nanti bukti keterangan ahli medis juga nanti akan sampaikan di depan muka pengadilan sehingga nanti keputusannya apakah itu menjadi alasan pemaaf atau tidak," ungkapnya. "

Untuk proses hukumnya memang tetap dilaksanakan seperti itu. Ini 1x24 jam kita sudah menentukan tersangka kemudian status penahanan dan kita jamin bahwa kasus ini tetap dilaksanakan penyidikannya sampai tuntas," sambungnya.

Pria di Bulukumba Selingkuhi Adik Kandungnya Sampai Hamil 4 Bulan, Keluarga Minta Diproses Hukum

MAKIN PANAS! Galih Ginanjar Sebut Harus Bayar Bertemu Anak, Keluarga Fairuz: Memangnya Dufan

Selama proses pemeriksaan kata Dicky, tersangka SM tidak kooperatif dalam memberikan keterangan. SM sering melantur, tidak konsisten, dan luapan emosi juga besar sehingga polisi membawa ke RS Polri untuk observasi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Wanita Pembawa Anjing ke Masjid Jadi Tersangka meski Punya Riwayat Gangguan Jiwa", https://regional.kompas.com/read/2019/07/02/15104161/alasan-wanita-pembawa-anjing-ke-masjid-jadi-tersangka-meski-punya-riwayat.
Penulis : Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan
Editor : David Oliver Purba

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved