HUT Bhayangkara ke-73, Polres Indramayu Bersihkan Sungai Gawe Indramayu

HUT Bhayangkara ke-73, Polres Indramayu Bersihkan Sungai Gawe Kandanghaur Kabupaten Indramayu.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Jajaran Polres Indramayu saat melakukan bakti sosial di sepanjang aliran Sungai Gawe, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jumat (28/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Polres Indramayu melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-73 dengan membersihkan sepanjang aliran Sungai Gawe di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jumat (28/6/2019).

Kapolres Indramayu, AKBP M. Yoris M.Y Marzuki mengatakan, 1.600 personel gabungan dikerahkan dalam baksos tersebut.

"Sampah yang ada di sungai kita bersihkan, dibantu juga dengan TNI, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Indramayu, dan juga masyarakat sekitar," ujar seusai baksos kepada wartawan.

Dua unit alat berat pun turut diterjunkan dalam baksos itu, dengan menggunakan Beko jajaran Polres Indramayu meborohkan sejumlah tempat Buang Air Besar (BAB) terbuka yang berada disepanjang aliran sungai.

Kapolres Indramayu, menyampaikan, kebiasaan BAB sembarangan sudah turun temurun dilakukan oleh warga Desa Parean Girang dan Desa Bulak yang berada di sepanjang aliran Sungai Gawe.

Sering Lakukan Rotasi Pemain, Robert Alberts Ungkap Alasannya

"Ini yang menyebabkan aliran sungai tampak bau, terkesan jorok dan kumuh," ucap dia.

Terhitung ada sebanyak 64 tempat BAB terbuka di sepanjang aliran Sungai Gawe langsung diruntungkan dalam baksos tersebut.

Hal ini demi mencegah kebiasaan buruk BAB sembarangan masyarakat sekitar.

Adapun, kegiatan baksos ini disampaikan AKBP M. Yoris M.Y Marzuki sebagai langkah untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan.

“Kedepan, masyarakat diharap bisa melanjutkan untuk terus menjaga kebersihan sungai dan menjaga lingkungan,” ujar dia.

Besok, PPDB SMA/SMK di Jabar Akan Diumumkan Online, Calon Peserta Didik Baru Harus Datang ke Sekolah

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bulak, Kecamatan Kandanghaur, Sahudi menyampaikan, terimakasih telah menaruh perhatian terhadap Desa Bulak dengan adanya bakti sosial.

“Namun yang paling penting adalah kedepan masyarakat bisa menumbuhkan kesadaran untuk tidak membuang sampah dan menjaga kerbersihan sungai,” ujar dia.

Dirinya berjanji, akan mengerahkan warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan meninggalkan kebiasaan jorok.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved