Beberapa Fakta Menarik Seputar HUT ke-529 Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka saat ini sedang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-529.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Pejabat di lingkup Pemda Majalengka gelar apel bersama dan halal bihalal, Senin (10/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka saat ini sedang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-529.

Dalam merayakannya, beberapa rangkaian kegiatan sudah/sedang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka untuk menyemarakkan hari jadi tersebut.

Diawali pada tanggal 17 Juni 2019 kemarin, kegiatan pertama yang diselenggarakan yaitu rapat paripurna DPRD Kabupaten Majalengka, sedangkan nantinya, rangkaian kegiatan Majalengka Expo yang baru berlangsung kemarin, akan ditutup pada 3 Agustus 2019 nanti.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya, di antaranya, pameran Ekonomi Kreatif (Ekraf), Helaran Festival Budaya dan Pagelaran Wayang Golek.

Dilansir Tribuncirebon.com dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019), akan dirangkum beberapa fakta menarik tentang hari jadi Kabupaten Majalengka ke-529, simak selengkapnya:

1. Ada 2 versi penetapan tanggal HUT Majalengka

Hari jadi Majalengka yang sudah menginjak ke-529 saat ini dan sedang dirayakan yang jatuh pada tanggal 7 Juni kemarin, dianggap keliru.

Pasalnya, menurut beberapa sumber sejarah, penetapan tanggal 7 Juni sebagai hari jadi Majalengka tidak sesuai dengan fakta berdirinya Kabupaten Majalengka.

Sejarawan Senior Fakultas Sastra Unpad, Sobana Hardjasaputra mengatakan, tanggal itu tidak mengacu pada fakta/momentum yang seharusnya menjadi dasar acuan, baik fakta pembentukan Kabupaten Maja maupun momentum perubahan nama Kabupaten Maja menjadi Kabupaten Majalengka atau perubahan nama Sindangkasih menjadi Majalengka.

Halaman
123
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved