Breaking News:

Antisipasi Kemacetan Pada Arus Balik Susulan, Jasa Marga Siapkan Sistem One Way Kembali

Jasa Marga (Persero) Tbk akan menyiapkan one way dan contra flow untuk arus balik susulan

Antara Foto/Arif Firmansyah
Antrean panjang kendaraan memadati keluar pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6). Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke jalur wisata Puncak sebanyak 33.754 mobil pribadi yang ingin memanfaatkan libur hari raya Idulfitri 1439 H sehingga diberlakukan sistem satu arah untuk mengurangi kepadatan di kawasan tersebut. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah 

TRIBUNCIREBON.COM - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menyiapkan one way dan contra flow untuk arus balik susulan agar perjalanan pemudik tetap kondusif.

Namun, rekayasa one way maupun contra flow tersebut akan dilihat terlebih dahulu sepadat apa kendaraan yang akan kembali ke Jakarta. Untuk itu, Jasa Marga akan terus memantau kepadatan arus dalam tiga hari ke depan.

"Kami akan pantau yang sisa belum balik ini apakah mereka akan kembali dalam 3 hari ini atau enggak. Atau mungkin memang masih lama kembalinya," ungkap Desi, Senin (10/6/2019).

Desi menilai, arus balik susulan ini akan terjadi. Sebab, sampai saat ini masih terdapat sekitar 497.000 kendaraan yang belum kembali ke Jakarta.

Ini Sosok 9 Hakim Yang Akan Tangani Sengketa Pilpres 2019

Spanyol Kokoh di Puncak Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 Setelah Kalahkah Swedia 3-0

Kendaraan tersebut berasal dari arah Jawa Timur maupun Jawa Tengah melalui Tol Trans-Jawa, dari arah selatan melalui Tol Jagorawi, dan dari arah barat.

"Yang kembali belum habis, masih ada sekitar 497.000 lagi. Dari timur maupun dari Jawa Tengah, dari arah selatan melalui Tol Jagorawi, maupun arah barat masih mungkin ada. Pantauan arus balik tetap kita lakukan," kata Desi.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat total 719.654 unit kendaraan sudah kembali ke Jakarta dari berbagai arah, yakni Timur, Barat dan arah Selatan selama H+1 hingga H+3 Lebaran 2019 atau pada Jumat-Minggu (7-9 Juni 2019) lalu.

Angka ini naik sebesar 67,38 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 429.944 kendaraan. Jumlah tersebut setara 59 persen dari total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 hingga H-7 arus balik Lebaran 2019.

Artikel ini sudah tayang di https://money.kompas.com/read/2019/06/11/051459826/arus-balik-susulan-jasa-marga-akan-berlakukan-one-way-dan-contra-flow-lagi

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved