Strategi Jalur One Way Bikin Jalan Arteri Pantura Macet Parah, Indramayu-Bekasi Butuh 6 Jam

Semula, perjalanan cukup lancar sampai mereka beristirahat di sebuah SPBU di wilayah Jatisari.

Antara Foto/Arif Firmansyah
Antrean panjang kendaraan memadati keluar pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/6). Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang masuk ke jalur wisata Puncak sebanyak 33.754 mobil pribadi yang ingin memanfaatkan libur hari raya Idulfitri 1439 H sehingga diberlakukan sistem satu arah untuk mengurangi kepadatan di kawasan tersebut. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah 

TRIBUNCIREBON.COM - Strategi pemerintah menerapkan sistem satu arah dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga GT Cikampek, rupanya membuat jalur arteri macet.

Tak pelak, pemudik yang memilih menghindari kemacetan di jalan tol, harus merasakan kemacetan di jalan arteri, dalam hal ini jalur pantura.

Salah satunya dirasakan Maulana Malik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang melakukan perjalanan dari Indramayu ke Jakarta pada Minggu (9/6/2019). Ia bersama delapan orang keluarganya melakukan perjalanan dari Patrol sekitar pukul 13.00 WIB.

Semula, perjalanan cukup lancar sampai mereka beristirahat di sebuah SPBU di wilayah Jatisari. Sekitar pukul 14.40 WIB, perjalanan kembali dilanjutkan.

Maulana mengaku, sempat terjebak macet di Simpang Jomin, Cirebon, namun tidak terlalu lama.

"Nah, baru mulai cancer pas setelah FO (Flyover) Cikampek hingga terminal Klari. Padat merayap dua arah," ungkap dia kepada Kompas.com, Senin (10/6/2019).

Begini Penjelasan Emil Soal Kontroversi Masjid Al Safar, Sebut-sebut Isunya Sempat Ada Saat Pilgub

Tiga Masjid Ini Disebut Ridwan Kamil Punya Bentuk Segitiga, Salahsatunya Dekat Balai Kota Bandung

Butuh waktu tiga jam untuk dapat terbebas dari kemacetan. Setelah melewati Klari, kondisi jalan kembali lancar hingga wilayah Lemahabang. Namun, horor kemacetan kembali dirasakan dari Lemahabang hingga Tambun.

"Di sana sekitar sejam. Sekarang lagi di pusat kota Bekasi, drop off saudara dulu," kata dia.

Bila diakumulasikan, total perjalanan dari Indramayu sampai Bekasi, ungkap Maulana, memakan waktu hampir enam jam. "Oneway di jalan tol membuat numpuk semua di Klari sampai Cikampek," ucapnya.

Mulai Siang Ini Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya

Tak jauh beda, kemacetan juga dirasakan Johanes E Najoan yang melakukan perjalanan via jalan berbayar Tol Trans-Jawa. Tak kurang dari 12 jam perjalanan harus ia tempuh dari Semarang menuju Bekasi.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved