Polisi Lakukan Buka Tutup di Jalur Puncak untuk Urai Kemacetan

Wisatawan lokal maupun luar daerah memanfaatkan hari libur lebaran untuk mengunjungi tempat wisata di kawasan Cipanas,

Tribun Jabar/Ferri Amiril
Kemacetan terjadi hingga ke Rajamandala Bandung Barat mulai Haurwangi, Cianjur, Jumat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

CIANJUR - Wisatawan lokal maupun luar daerah memanfaatkan hari libur lebaran untuk mengunjungi tempat wisata di kawasan Cipanas, Cianjur. Hal tersebut membuat arus kendaraan macet di sekitar lokasi persimpangan menuju tempat wisata.

Titik pertama yang membuat pihak kepolisian memberlakukan buka tutup arus adalah simpang Kebun Raya Cibodas. Di titik ini polisi memberlakukan buka tutup dari arah Cianjur menuju Puncak, Minggu (9/6/2019).

Padatnya kendaraan di jalur Puncak terjadi siang dan malam hari. Polisi yang bertugas termasuk Kapolres Cianjur ikut mengurai kemacetan. Padatnya arus lalu-lintas membuat Kapolres Cianjur mengendarai motor patroli trail untuk mempercepat menuju lokasi titik macet.

Tak hanya kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun banyak yang melintas kawasan Puncak di arus balik lebaran.

"Iya kami melakukan patroli urai kemacetan di wilayah Puncak," ujar Kapolres, Minggu (9/6/2019).

Kapolres mengatakan, buka tutup arus kendaraan diberlakukan di beberapa titik karena melubernya beban volume kendaraan yang masuk ke kawasan wisata.

"Siang malam kami langsung menuju titik kemacetan dan berusaha mengurainya," kata Kapolres.

Ia memprediksi kawasan wisata di Puncak mengalami titik tertinggi banyaknya kendaraan pada Sabtu dan Minggu ini.

Objek Wisata di Garut Diserbu Wisatawan, 80 Persen Wisatawan Pilih Berlibur di Pantai

Sejumlah Pengunjung Pantai Batukaraas Panik Saat Ada Gempa, Warga Langsung Berhamburan

"Di sepanjang jalur Puncak terdapat beberapa pos pengamanan agar para pemudik atau wisatawan yang berlibur bisa nyaman," kata Kapolres.

Polres Cianjur senantiasa berkoordinasi dengan Polres Bogor dalam hal pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran.

Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulya SH mengatakan, untuk semua jalur saat ini terbilang cukup landai. Meskipun demikian ia bersama Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mencoba untuk memantau langsung beberapa titik arus lalulintas yang sering terjadi kemacetan, diantaranya, di Cepu 8 bundaran Hypermart, Jalur Ciranjang, dan Puncak Cipanas.

"Kondisi arus lalulintas saat ini cukup landai, dan diberlakukan one way (satu arah) dari puncak arah ke Jakarta," katanya, Minggu (9/6).

Menurutnya, saat ini memang tengah diberlakukan sistem jalur buka tutup yang berkoordinasi dengan pihak Polres Bogor. Menurutnya bagi masyarakat atau pengendara agar selalu mengikuti aturan dan arahan dari petugas, selain itu bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan ke arah bogor diharapkan bisa mengikuti jadwal sistem buka tutup Jalur agar tidak terlalu lama mengantre di jalan.

"Saya harap masyarakat khsususnya para pengendara bisa lebih bersabar, dengan begitu bisa selamat hingga tujuan," katanya. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved