Libur Lebaran 2019

Wow, Satu Juta Orang Kunjungi Pangandaran Selama Libur Lebaran 2019

Sebanyak satu juta pengunjung berwisata di Kawasan Wisata Pangandaran selama masa libur Lebaran tahun ini.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Tagana Pangandaran memantau Pantai Pangandaran pascagempa 5,6 Skala Richter, Sabtu (18/5/2019). Saat gempa, Pangandaran tengah sepi pengunjung. 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Deddy Taufik mengatakan sebanyak satu juta pengunjung berwisata di Kawasan Wisata Pangandaran selama masa libur Lebaran tahun ini.

Dedi mengatakan lonjakan angka wisatawan di kawasan yang memiliki lima titik destinasi wisata di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pangandaran dan Cijulang ini terhitung sejak 1 sampai 7 Juni 2019.

“Jumlah wisatawan yang masuk ke lima destinasi di Pangandaran totalnya mencapai 1,032 juta pengunjung,” kata Dedi saat dihubungi di Bandung, Sabtu (8/6/2019).

Menurut Dedi, angka pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan libur Lebaran tahun lalu. Pada libur Lebaran 2018, pengunjung yang datang mencapai 1,3 juta orang.

“Namun jumlah pengunjung masih melebihi target sebesar 17 persen dari yang kita tetapkan untuk tahun ini,” ujarnya.

Hindari Jalan Dago Giri Menuju Dago Kota Bandun, Ada Kemacetan Sepanjang 2,5 Kilometer

Jumlah pengunjung terbanyak, katanya, berada di Pantai Pangandaran sebesar 730.798 orang dan Pantai Karapyak 89.000 orang. Sementara UPT Cijulang yang memiliki objek Batu Karas, Batu Hiu, dan Green Canyon, menyumbang 212 ribu pengunjung.

“Paling besar Pantai Batu Karas yang pengunjungnya mencapai 141 ribu orang, agak menurun dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 200.000 pengunjung,” katanya.

Dedi mengatakan dinasnya mencatat dari satu juta pengunjung tersebut, bisa menarik retribusi Rp 5 miliar. Tahun lalu, dari satu pekan liburan, retribusi yang masuk dari pengunjung tercatat Rp 6,6 miliar.

Kawasan Pangandaran sendiri pada 2019 ini ditarget bisa menarik 5 juta pengunjung dengan pemasukan mencapai Rp 28 miliar.

Pemain Persib Kembali Jalani Latihan, Enam Pemain Absen Latihan

“Masih ada sisa target Insyaallah bisa tercapai mengingat masa liburan masih panjang dan Pangandaran masih jadi destinasi favorit,” katanya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved