Libur Lebaran 2019

Sunrise Bukit Pamoyanan Mengagumkan, Wabup Subang Pun Menginap di Puncak Bukit

Di tanah lapang itu banyak pengunjung mendirikan tenda untuk menyaksikan matahari terbit yang berkelindan dengan hamparan kabut tebal.

Sunrise Bukit Pamoyanan Mengagumkan, Wabup Subang Pun Menginap di Puncak Bukit
ISTIMEWA
Wabup Subang Agus Masykur menyaksikan sunrise dan hamparan awan di Buk‎it Pamoyanan, Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Objek wisata sunrise di Bukit Pamoyanan, Kampung Sudi Desa Kawung Luwuk Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang, jadi pilihan Wakil Bupati Subang Agus Masykur dan keluarganya menikmati libur Lebaran 2019.

Agus bersama anak dan istrinya, juga ratusan warga, menginap di puncak bukit itu dengan mendirikan tenda pada Jumat (7/6) malam hingga Sabtu (8/6). Bukit Pamoyanan merupakan tempat wisata yang sudah dibuka dan mulai terkenal sejak dua tahun terakhir.

Di puncak bukit, terdapat tanah lapang. Di tanah lapang itu banyak pengunjung mendirikan tenda untuk menyaksikan matahari terbit yang berkelindan dengan hamparan kabut tebal. Orang menyebutnya, 'negeri di atas awan'.

"Saya bersama keluarga mendirikan tenda di sana, sengaja ingin liburan di sana karena pemandangannya bagus, matahari terbit dan hamparan awan. Enggak usah jauh-jauh ke luar Subang," ujar Agus via ponselnya, Sabtu (8/6).

Catat, Ini Empat Rest Area Arah Jakarta yang Ditutup Mulai Pukul 12.00

Isi Full BBM Mobil Anda Sebelum Memasuki Tol Cikampek Arah Jakarta, Rest Area Bakal Ditutup

Di sekitar tempat itu, warung-warung milik warga dikerubuni para wisatawan setiap harinya. Termasuk saat kedatangan orang nomor dua di Subang itu. Pagi buta, pemilik warung sudah mendulang untung. ‎Jarak lokasi ini dari Subang kota mencapai sekitar 30 kilometer.

"Di sana banyak wisatawan yang berkemah juga, sama-sama ingin menyaksikan sunset dan banyak wisatawan dari luar Subang juga yang datang. Tak sia-sia kesana, ternyata pemandangan sunrise dan hamparan awannya menakjubkan," ujar Agus.

Dengan adanya objek wisa‎ta baru itu, kata dia, meniscayakan peningkatan ekonomi warga sekitar. Pasalnya, dalam satu hari kunjungan saja di momen Lebaran, banyak pengunjung yang datang.

"Tapi harus diimbangi dengan kesadaran warga dan pengunjung untuk menjaga kebersihan di sekitar lokasi wisata," ujar dia.

Ia mengajak warga Subang dan luar Subang untuk datang dan berkemah di Bukit Pamoyanan. "Ayo datang kesini, pemandangan sunrise dan hamparan awannya amazing, dan tiketnya juga murah. Enggak sia-sia datang kesini," ujarnya.

Bukit Pamoyanan berada di bawah jajaran pegunungan memanjang yang memisahkan Tanjung Siang dengan kawasan Lembang hingga Cimenyan di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Jarak dari jalan raya Subang-Sumedang hingga titik poin Bukit Pamoyanan kurang dari 5 kilo dengan kondisi infrastruktur yang kurang memadai. (men)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved