Mudik Lebaran 2019

Jalan Alternatif Parakanmuncang Sumedang Macet, Ini Penyebabnya

Kemacetan terjadi di salah satu jalan alternatif dari arah Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya, yaitu Jalan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang.

Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Kemacetan terjadi di salah satu jalan alternatif dari arah Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya, yaitu Jalan Parakanmuncang, Senin (3/6/2019) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kemacetan terjadi di salah satu jalan alternatif dari arah Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya, yaitu Jalan Parakanmuncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kemacetan yang terjadi di ruas jalan tersebut, terjadi akibat adanya aktivitas jual beli masyarakat di Pasar Parakanmuncang, bahkan beberapa pedagang terlihat menggelar dagangannya di bahu jalan.

Tak hanya itu, keluar masuknya kendaraan di pertigaan seberang Pasar Parakanmuncang pun, menambah kepadatan arus lalu lintas di jalur yang menghubungkan Kecamatan Cimanggung dengan Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang tersebut.

Akibatnya, terjadi antreaan kendaraan sepanjang satu kilometer, mulai dari depan Pasar Parakanmuncang, Jalan Parakanmuncang hingga Jalan Raya Bandung-Garut.

Kendaraan yang melaju dari Bandung menuju Garut, saat mendekati pertigaan Jalan Parakanmuncang dengan Jalan Bandung-Garut, terpaksa menurunkan kecepatan karena adanya ekor antrean kendaraan.

Chris Hemsworth Siap Bawa Thor Jadi Asgardian of The Galaxy

Kapolsek Cimanggung, Kompol Kuswanto, mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri, aktivitas masyarakat Pasar Cimanggung jauh lebih meningkat dibandingkan hari biasa, sehingga antrean kendaraan tidak dapat dihindarkan.

"Setiap tahun menjelang lebaran, pasar selalu dipadati. Di pasar itu sangat minim tempat parkir, sehingga memakan badan jalan," kata Kuswanto di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (3/6/2019).

Untuk cara bertindak, kata Kuswanto, pihaknya menempatkan sejumlah personel di pertigaan Parakan Muncang dan di depan Pasar Parakan Muncang untuk memecah kemacetan, guna menghindari kendaraan berhenti total.

"Kami pun pasang tolo-tolo, minimal supaya pengendara tertib. Cimanggung itu daerah padat, keluar masuknya kendaraan banyak," katanya

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved