Ternyata Penyebar Video Ujaran Kebencian di Cirebon Itu Seorang Ustaz, Sudah Jadi Tersangka

Dalam video itu, pelaku menyampaikan seruan kepada masyarakat untuk tidak menghiraukan pernyataan Kapolri kepada para pengganggu keamanan

TribunCirebon.com/Siti Masithoh
Wajah penyebar ujaran kebencian, IAS, seorang ustaz di sebuah pondok pesantren di Kabupaten Cirebon, dalam video yang tersebar di masyarakat. Saat ini IAS sudah menjadi tersangka dan ditahan di Polres Cirebon. 

Laporan Wartawan TribunCirebon.com, Siti Masithoh

CIREBON - IAS (49), seorang guru pondok pesantren di Blok Kolem, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon diamankan Polres Cirebon pada Minggu

(12/5/2019) pukul 01.30 WIB.

Pria tersebut ditangkap di pondok pesantren tempatnya mengajar oleh Polres Cirebon bersama Tim Resmob Ditreskrimum Polda Jabar.

"Dia sudah ditetapkan menjadi tersangka dan sedang menjalani proses pemeriksaan," ujar Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, saat ditemui di Mapolres Cirebon, Senin (13/5/2019).

Tersangka merupakan pelaku yang menyebarkan ujaran kebencian dan provokatif dalam video berdurasi 1:57 menit. Dia juga tampak mengenakan baju batik.

"Pada saat kami tangkap, pelaku bersama dengan keluarga dan kuasa hukumnya. Terkait alasan pelaku menyebarkan video tersebut masih terus kami dalami," katanya.

Menurut AKBP Suhermanto, tersangka memposting video tersebut di akun media sosial facebook pada tanggal 12 April 2019.

Dalam video itu, pelaku menyampaikan seruan kepada masyarakat untuk tidak menghiraukan pernyataan Kapolri kepada para pengganggu keamanan dan ketertiban.

Untuk selanjutnya, Polres Cirebon akan melakukan pemeriksaan secara intensif terkait motivasi dan tujuan pembuatan video tersebut.

Halaman
12
Penulis: Sitimasithoh
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved